Nana Suryana Penyintas Covid-19: Kunci Kesembuhan, Berdoa dan Tingkatkan Imun Tubuh

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.com - Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) adalah penyakit infeksi saluran pernapasan pada manusia yang dapat menular dan disebabkan oleh jenis coronavirus yang ditemukan mulai mewabahnya di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019 dan kini sudah menjadi pandemi hampir diseluruh belahan negeri di bumi ini.

Gejala-gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki.

Meski gejala penyakit coronavirus menyerupai penyakit pernapasan lain seperti pneumonia atau influenza, namun sejauh ini belum ada vaksin yang dapat mencegah penularan penyakit coronavirus. Pemberian vaksin pneumonia maupun vaksin influenza tidak dapat memberikan proteksi terhadap penyebaran infeksi virus corona.

Semua orang berpotensi membawa virus corona penyebab Covid-19, meskipun tanpa gejala atau keluhan apa pun. Hanya cukup kontak atau berdekatan dengan orang terkena Covid-19 saja, setiap orang dapat terjangkit atau menjangkiti.

Seperti yang pernah dialami dan dirasakan oleh Drs. Nana Suryana, M.M., salah seorang ASN Kota Bandung, yang menjabat Lurah Sukawarna, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung yang sempat dinyatakan positif reaktif Covid-19 dan kini sudah dinyatakan sembuh kembali.

Lurah Sukawarna mengkisahkan awal mula dirinya dinyatakan positif hasil swab test. Saat itu sekitar awal Oktober 2020, ada salah seorang staf kelurahan Sukawarna yang mengaku merasakan kehilangan indera penciumannya. Yang kemudian keesokannya harinya dilakukan test swab di Puskesmas Sukajadi, dan hasilnya diyatakan positif reaktif Covid-19.

Mengetahui hasil test stafnya tersebut, Nana Suryana yang baru saja sembuh dari sakit langsung memerintahkan seluruh stafnya di Kelurahan Sukawarna untuk mengikuti test swab di Puskesmas Sukajadi, dan hasilnya ada 3 orang yang dinyatakan positif reaktif Covid, termasuk dirinya (Nana Suryana) dinyatakan positif reaktif Covid.

Atas hasil tersebut, Nana yang dinyatakan positif reaktif langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya yang berlantai dua. “Kebetulan rumah saya 2 lantai, jadi saya melakukan isolasi mandiri di lantai atas, dan segala kebutuhan saya dipenuhi oleh keluarga,” ujar Nana.

Walau segala kebutuhan semua terpenuhi, namun perasaan bosan dan nyaris stres selama isolasi mandiri itu tidak bisa dipungkiri. Maklum sudah kebiasaan beraktivitas diluar rumah tiap hari, kini harus diam di kamar selama berhari-hari, ungkap Nana.

Menurut Nana, kunci kesembuhan selama menjalani isolasi adalah harus banyak berdoa dan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, agar diri kita tenang, disamping makan vitamin dan protein agar imun tubuh meningkat.

Untuk itu, lanjut Nana Suryana yang kini sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah 10 hari kembali menjalankan tugasnya sebagai Lurah Sukawarna, mengimbau siapapun agar jangan menganggap sepele Covid-19.

Sebagai Penyintas, Nana yang sudah merasakan positif reaktif Covid dan diisolasi, mengingatkan masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid 19.

“Patuhi dan lakukan protokol kesehatan dengan membudayakan 3M + 1T, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, adalah kunci menghentikan penyebaran covid-19,” katanya. (Tamsil)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet