Cegah Paparan Covid, Kapolresta Cirebon Minta Warga Tetap di Rumah

  • 0 comments

SUMBER, Ekpos.Com --- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, meminta masyarakat Kabupaten Cirebon tetap berada di rumah saja ketika memasuki libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H pada 28 Oktober – 2 November 2020, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Syahduddi mengatakan jika terpaksa harus keluar rumah, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan.

“Pake masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan menghindari kerumuman atau 3 M. Selama ini kita juga sering libur, sehingga akhir pekan ini cukup di rumah saja bersama keluarga,” ujar Syahduddi, saat memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Cuti Bersama serta Antisipasi Kontijensi Bencana Alam di Mapolresta Cirebon, Senin (26/10/2020).

Syahduddi menambahkan saat libur panjang wilayah Cirebon sangat rawan karena sudah menjadi tujuan wisata. Wisatawan dari berbagai daerah tentunya ingin mengunjungi, sehingga tidak menutup kemungkinan ada yang positif Covid-19.

“Fenomena bola pingpong bakal terjadi bila warga tetap memaksa bergaul secara luas. Karena adanya pemindahan penyebaran Covid-19 ke Kabupaten Cirebon dari wilayah lain seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan lainnya,” kata Syahduddi.

Apel Kesiapan Pengamanan Libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Cuti Bersama serta Antisipasi Kontijensi Bencana Alam dihadiri Wakapolresta Cirebon, AKBP Arif Budiman, S.I.K, M.H, para Kabag, para Kasat, Kapolsek jajaran, dan ratusan personel gabungan dari sejumlah instansi di Kabupaten Cirebon.

Menghadapi mengamankan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H pada 28 Oktober – 2 November 2020, jajaran Polresta Cirebon mengerahkan ratusan personel dan pos pengamanan. Selama masa tersebut diprediksi adanya peningkatan aktivitas masyarakat. Dari mulai mudik ke kampung halaman, mengunjungi obyek wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner, serta kegiatan keagamaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya, potensi kerawanan yang muncul akibat meningkatnya aktivitas masyarakat di masa pandemi seperti sekarang munculnya klaster penyebaran Covid-19. Selain itu, arus lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cirebon juga diperkirakan meningkat, dan saat ini telah memasuki musim penghujan sehingga diprediksi terjadinya bencana hidrometrologi seperti banjir serta longsor.

“Dari potensi-potensi itu kami sudah menyiapkan langkah antisipasinya, yakni meningkatkan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan dengan melibatkan Satgas baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kombes Pol M. Syahduddi.  (ARIF R)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet