Yayat Ketua KPU Jabar: Hoax Harus Kita Lawan Bersama

  • 107 views
  • 0 comments

BANDUNG--- Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, menegaskan hoax atau berita bohong harus dilawan, terutama untuk menjaga kondusivitas masyarakat. Oleh karena itu, lalu lintas informasi harus terus disikapi, terutama menjelang pesta demokrasi 27 Juni mendatang.

“Tdak ada kata lain selain melawan. Hoax harus kiota lawan, apalagi yang meresahkan masyarakat. Untuk itu, lalulintas informasi harus kita sikapi terutama menjelang pesta demokrasi Juni mendatang,” ungkap Yayat, di sela-sela acara coffee morning kamtibmas, dalam rangka deklarasi anti-hoax guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan pemilukada serentak di Provinsi Jawa Barat, di Polda Jabar Jl. Sukarno-Hatta Bandung, Selasa(13/3).

Menurut Yayat, perlawanan terhadap hoax harus melibatkan banyak pihak. Khususnya tokoh agama, media massa, dan aparat kepolisian.

“Perlawanan terhadap hoax menjadi tugas kita bersama, baik tokoh masyarakat, tokoh agama maupun kepolisian,”ujarnya.  

Pernyataan Yayat disambut baik Pemimpin Redaksi Harian Tribun Jabar, Yusran Pare. Ia sangat mengapresiasi adanya keterlibatan banyak pihak dalam memerangi hoax.

"Dalam kapasitas sebagai pribadi, saya mengapresiasi dukungan para pihak Terutama dari jajaran Polda hingga babinkamtibmas yang sangat cekatan dalam menangani hoax," sebutnya.

Kondisi ini dinilai Yusran sebagai dukungan terhadap jurnalis, yang selama ini menyebarkan berita-berita obyektif. "Jurnalis tidak pernah membuat berita bohong karena terikat kode etik," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua MUI Jabar, Rahmat Syafe'i . Ia mengingatkan bahwa semua agama melarang kebohongan. "Dalam Islam, kebohongan menuntun ke kajahatan dan kejahatan menuntun ke surga. Sebaliknya, kejujuran menuntun ke kebaikan dan kebaikan menuntun ke surga," katanya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menegaskan, ada tiga pilar yang dapat dijadikan sebagai penangkal hoax, yakni kepala desa atau lurah, Babinsa, dan Babinkamtibmas. Sebagai bentuk dukungan, Ia juga memfasilitasi deklarasi anti-hoax yang dilakukan para pimpinan ormas Islam, FKUB, FUI, DMI, serta para pemimpin redaksi dan kepala biro media nasional yang ada di Jawa Barat. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet