Warga Pangalengan Sempat Panik, Diguncang Gempa 3.0 SR

  • 34 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Warga masyarakat Pangelngan, Kabupaten Bandung dan sekitarnya sempat dibuat panik ketika Gempa tektonik berkekuatan 3.0 magnitudo mengguncang wilayahnya, Senin (21/1/2019) sekitar Pukul 10.53 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa memiliki kekuatan M=3.0. Episenter gempa terletak pada koordinat 7.24 LS dan 107.55 BT atau tepatnya di darat pada jarak 14 km arah barat daya Kabupaten Bandung kedalaman 1 km," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi.

Joko menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas sesar lokal di wilayah tersebut.

"Guncangan ini dilaporkan dirasakan di daerah Pangalengan II MMI. Nmaun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.

Menurutnya, hingga Pukul 11.15 WIB hasil pemantauan BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucapnya.

Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, gempa yang dirasakan di wilayah Pangalengan hingga kini pihaknya tidak menerima laporan adanya kerusakan.

"Tidak ada laporan dan dampak kerusakan akibat gempa tadi. Gempa dirasakan di wilayah barat, yaitu di Pangalengan,"kata Sudrajat.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet