Warga Gang Apandi Bernafas Lega, Pemkot Jamin Tak Ada Penutupan

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Perjuangan warga RW 08 Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung menolak penutupan Gang Apandi oleh pihak pengembang berbuah manis. Pemerintah Kota Bandung menjamin tidak akan terjadi penutupan.

Seperti diberitakan warga Gang Apandi kembali menggelar unjukrasa dengan memasang bentangan spaduk menolak rencana penutupan Gang Afandi oleh pengembang. Warga menolak penutupan gang karena sebagai akses jalan ke Braga dan sebagai akses evakuasi jika terjadi bencana.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, setelah pihaknya melakukan penelaahan ke lokasi, berdasarkan ketentuan regulasi dan arahan garis rencana kota tidak boleh ada penutupan.

"Gang Apandi telah digariskan dalam Peta garis rencana kota sebagai gang dengan lebar 3 meter sebagai akses penghubung pemukiman menuju Jalan Braga, " ujar Zulkarnaen saat meninjau eks Matahari Banceuy, Rabu (11/9/2019).

Menurut Zulkarnaen, Gang Apandi merupakan aksesibilitas yang sudah lama ada. Sehingga  tak ada alasan untuk ditutup. Selain itu, kawasan Braga merupakan kawasan cagar budaya dimana pemanfaatan ruang pada koridor jalan Braga mendapat perlakuan khusus.

Hal tersebut  sesuai Perda Kota Bandung No 7 tahun 2018, tentang pengelolaan cagar budaya. Sehingga perubahan fungsi dan pemanfaatan bangunan di kawasan Braga, membutuhkan penilaian tim pertimbangan pelestarian kawasan bangunan cagar budaya.

"Gang Apandi masuk cagar budaya, jadi tidak bisa sembarangan dirubah apalagi ditutup," ujar Zulkarnaen.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet