Warga Desa Penengahan Minta Pemerintah Turunkan Tim Pasang Patok Batas Tanah HP 2 Pematang Taman Dengan Tanah APL

  • 77 views
  • 0 comments

Lamsel, Ekpos.com

Warga Masyarakat Dusun Gunung Botol Desa Penengahan Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan rembuk warga dirumah ketua kelompok masyarakat (Pokmas) Desa Penengahan,  yang dihadiri aparat Desa dan tokoh tua-tua Kampung, beberapa waktu lalu. 

Dalam kesempatan itu, warga yang sudah lebih dari 35  tahun bermukim di kampung tersebut menyepakati hasil rembuk warga yaitu warga sepakat meminta Pemda Kabupaten Lampung Selatan dan Provinsi Lampung untuk turun melakan Pemasangan Patok Batas Antara Tanah Hutanproduksi (HP) dengan batas Areal Penggunaan Lain (APL), karena warga berpendapat hal ini sangat penting untuk memperjelas batas tanah HP dan bukan HP supaya warga bisa mendapat petunjuk dan bimbingan yang jelas untuk memilikihak atas tanah yang sudah didiami selama puluhan tahun. 

Menurut ketua Pokmas Desa Penengahan, Ahmad Widodo, warga semua adalah petani dan hidup dari hasil pertanian dan saat ini warga kami resah atas bermacam info dan kondisi yang ada contoh seperti yang dialami warga Dusun PKS dan Dusun Buring Desa Sukabaru yang kena Jalur Tol Trans Sumatra, mereka ngak dapat ganti rugi tanah karena disebutkan pihak terkait itu tanah HP Rgister 2 Pematang Taman dimana pemerintah salah satunya mengacu dengan peta yang kami terima. 

“Saya bersama dengan Warga Gunung Botol dan wilayah dusun lain  sangat berharap supaya Pemda Lampung Selatan dan Pemda Provinsi Lampung segera menugaskan Tim Dinas Kehutanan dan pihak terkait lainya untuk segera memasang patok batas agar jelas,” tegas Widodo. 

Ditambahkan Ahmad Widodo, kalau saya pelajari Peta Dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Skala 1: 250.000 Peta Rupa Bumi Indonesia Skala 1 : 50.000 Peta Penujukan Kawasan Hutan Dan Perairan di Provinsi Lampung Dengan Lampiran Keputusan Mentri Kehutanan Dan Perkbunan No .256/Kpts-II/2000 Tanggal 23 Agustus 2000 Dengan Citra Google  Earth Tahun 2014 – 2016. 

“Saya melihat dipeta bahwa Dusun Gunung Botol Desa Penengahan Lampung Seatan diluar Peta Kawasan Register 2 Peatang Taman, dengan kondisi saat ini yang muncul ditengah-tengah warga, maka kami akan mengajukan permohonan kepada pemda dan dinas terkait agar segera mengagendakan pemasangan patok batas,” imbuhnya. 

Ditambahkan salah seorang Tokoh Tua-Tua Kampong Zainal Abidin, Saya sebagai warga dan orang tua mengharapkan pemerintah bisa membuat rakyatnya tenang hidup bermukim. “Janganlah rakyat dibiarkan,” ujarnya.

Tentang Hp kemarin waktu warga yang menerima bantuan bedah rumah di dusun kami, tidak ada hambatan karena kata petugas dusun kami bukan wilayah tanah HP meski demikian sebaiknya dinas kehutanan tetap lakukan pemasangan patok batas HP dan yang bukan HP, pungkasnyas. (A.W) Teks foto Peta Wilayah Kawasan HP Regester 2 Pematang Taman Kabupaten Lampung Selatan. 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet