Wakil Ketua KPK Tuntut Paslon Untuk Jujur

  • 38 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Para paslon baik walikota maupun gubernur dituntut jujur dan tidak masuk ke ranah tindak pidana korupsi. Selain itu, semua ide yang dijanjikan kepada pemilih harus dilaksanakan dengan baik. Sehingga pelaksanaan Pilkada berintegritas di Jawa Barat dapat terwujud.

 Hal itu mengemuka pada acara pembekalan antikorupsi dan deklarasi LHKPN pasangan calon kepala daerah se-Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Jl. Diponegoro Bandung, Selasa (17/4).

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, menyatakan,  para paslon dituntut  jujur dan berintegritas. Hingga saat ini, tercatat 18 gubernur dan 75 bupati/wali kota atau wakilnya terjerat kasus korupsi.

"Untuk itu, pemimpin terpilih di Jawa Barat jangan sampai masuk grup ini," sebutnya.

Ia mengingatkan, rata-rata biaya pilkada bupati/wali kota sekitar Rp 20-30 miliar, sedangkan kekayaan calon rata-rata Rp 7-9 miliar. Kesenjangan inilah biasanya dimanfaatkan oknum dengan memungut 10-30% dari nilai proyek atau diijon dari SKPD.

“Untuk itu, KPK akan mengawal peserta dan penyelenggara pemilu, agar tidak terjadi conflict of interest,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat melaporkan, kegiatan pembekalan dihadiri 116 calon, terdiri atas 4 paslon Gubernur dan 52 paslon Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat. Ia berharap forum ini dapat menyempurnakan salah satu syarat pencalonan yang belum tuntas, yakni LHKPN.

"Mudah-mudahan bisa sagera disampaikan ke KPU, minimal H-30 sebelum pencoblosan," pungkasnya. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet