Wakapolda: Gunakan Waktu Libur Untuk Tidak Pulang Kampung Serentak

  • 261 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Polisi mengharapkan, libur panjang Lebaran 2018 ‎dimanfaatkan pemudik sebaik-baiknya, salah satunya dengan tidak pulang kampung serentak dalam satu waktu. Dengan begitu, akan sedikit mengurangi kemacetan.

"Libur Lebaran sekarang waktunya panjang. Dengan begitu kami berharap masyarakat yang mudik bisa mudik dengan mencicil atau tidak berbarengan ‎dalam satu waktu. Arus mudik sudah mulai terlihat pada H-7," ujar Wakapolda Jabar Brigjen Supratman seusai gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya di Jalan Diponegoro, Kota Bandung Rabu (6/6/2018) sore.

Mudik serentak dalam waktu ‎berbarengan di satu waktu menggunakan kendaraan pribdi memiliki konsekuensi kepadatan di ruas jalur mudik baik di utara maupun selatan Jawa termasuk di jalur tol. Untuk mengamankan arus mudik maupun balik, 23.117 personel gabungan TNI/Polri diturunkan.

"Kami juga siapkan 339 pos pengamanan dan 33 pos pelayanan termasuk rest area. Untuk penanganannya, kami sudah siapkan segala tindakan untuk mengantisipasi kepadatan dengan sejumlah cara bertindak. Simulasi penanganannya juga sudah siap," kata Wakapolda.

Sejumlah kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan balik masih akan terjadi di sejumlah titik di jalur selatan seperti di Nagreg Kabupaten Bandung Limbangan Kabupaten Garut dan Gentong Kabupaten Tasikmalaya.

"Kepadatan diprediksi akan terjadi di jalur selatan, seperti Nagreg, Limbangan dan Gentong. Pengalihan arus dan pemberlakuan one way akan dilakukan jika terjadi kepadatan panjang," kata jenderal bintang satu itu.

Pemberlakuan contra flow akan diberlakukan polisi di ruas jalur tol. Seperti Tol Cipali maupun Jakarta - Cikampek.

"Di Tol Cipali ‎ada beberapa titik yang akan di contra flow jika terjadi kepadatan, tapi mudah-mudahan tidak terjadi," katanya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet