Upah Tenaga Magang di Jepang Bisa Mencapai Rp 10 Juta Lebih

  • 86 views
  • 0 comments

SULTENG---Upah pegawai magang di Jepang per bulannya bisa mencapai Rp 10 juta. Maka tidak heran, jika para pencari kerja di Sulawesi Tengah, dalam tiap tahunnya berbondong-bondong untuk mengikuti tes magang ke Jepang.

“Waktu magang selama 3 tahun. Upah yang di terima untuk bulan pertama sebesar 80 ribu yen atau setara dalam rupiahnya berkisar Rp. 10.202.59. Sedangkan pada bulan kedua tembus 90 ribu," ungkap Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Perluasan, Penempatan dan Produktifitas Tenaga Kerja (P5TKA), pada Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Sulteng, Dra. Fatnini, M.Si., Jumat, (16/02/2018), di Palu.

Menurutnya, di tahun 2018 tenaga magang yang lulus ke Jepang untuk Sulteng, berjumlah 19 orang dari jumlah pendaftar tahun 2017 berkisar 200 orang. Hal ini kata Fatnini, perlu dimaklumi sebab selama sepuluh tahun, diberlakukan pembatasan tenaga magang ke Jepang, untuk wilayah Sulteng. 

"Kini di tahun 2018, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Sulteng kembali memberangkatkan 19 orang peserta magang,” terangnya.

Menurut Fatnini, sebelum pemberangkatan tenaga magang, maka ada tahapan yang harus diikuti para peserta yang lulus. Diantaranya, pelatihan bahasa Jepang, tes matematika dasar, tes ketahanan fisik, wawancara, tes kesehatan, dan saat ini pelatihan bahasa Jepang, jelasnya.

Selain itu kata Fatnini, peserta terpiliih nantinya juga akan menjalani beberapa sistem tahapan pekerjaan. Misalnya, dibulan pertama, peserta akan masuk tahap training. Selanjutnya bulan ke‑2 hingga 12 akan dievaluasi kompetensinya. Lalu, tahun ke dua, peserta sudah menjalani technical intern training. Dan pada tahap ini, peserta sudah dilindungi Undang‑Undang Perburuhan di Jepang.

"Kami berharap, peserta magang, bisa memberi contoh buat generasi selanjutnya, sehingga program ini berkelanjutan. Jadi jangan sampai bikin masalah,” himbaunya. RAHMAD NUR/Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet