Ujian Nasional SMA/Sederajat Dilaksanakan Akhir Maret 2020

  • 0 comments

BANDUNG, DISDIK JABAR — Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2019-2020 di tingkat sekolah menengah atas (SMA)/sederajat akan berlangsung selama 4 hari, mulai 30 Maret – 2 April 2020. Adapun mata pelajaran yang diujikan, yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan yang dipilih.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Yesa Sarwedi mengatakan, setiap harinya pelaksanaan ujian akan dibagi dalam tiga sesi. Melalui UN, pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran menyesuaikan kurikulum yang berlaku.

“Semua peserta wajib mengikuti Ujian Nasional. Kecuali bagi siswa yang berhalangan karena alasan tertentu, dapat mengikuti UN susulan. Namun, tentunya harus disertai bukti,” ujarnya, Senin (3/2/2020).

Tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, UN SMA diselenggarakan berbasis komputer. Apabila tidak dapat dilaksanakan melalui UNBK maka bisa menerapkan ujian nasional berbasis kertas.

“Tentu pengadaan dan distribusi kertas dilakukan oleh pemerintah pusat. Biaya penyelenggaraan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan. Sehingga, tidak ada pemungutan biaya pelaksanaan UN kepada peserta didik ataupun orang tua,” tegasnya.

Setelah mengikuti UN, peserta didik akan mendapatkan sertifikat berisi biodata siswa dan nilai UN untuk setiap mata pelajaran yang diujikan.

Berikut Jadwal UNBK SMA 2020

Senin, 30 Maret 2020     : Bahasa Indonesia

Selasa, 31 Maret 2020   : Matematika

Rabu, 1 April 2020          : Bahasa Inggris

Kamis, 2 April 2020        : Mata Pelajaran sesuai jurusan

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet