UIN Bandung Sabet Penghargaan SINTA

  • 53 views
  • 0 comments

Jakarta, Ekpos.com

UIN SGD Bandung telah menunjukan kualitas dan prestasinya, terbukti dengan menyabet penghargaan  Sinta (Science and Teknology Index) 2018 dari Kementerian  Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi (Kemenristekdikti). UIN Bandung Layak meraih penghargaan sebagai lembaga dengan  produktivitas publikasi tertinggi katagori perguruan tinggi keagaamaan. Dari hasil penilaian Kemenristekdikti tahun 2016-2018, UIN Bandung mendapatkan skor 201 dengan skor totalitas 3.600. Capaian itu mengungguli UIN Syarif Hidayatullah, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, UIN Raden Intan Lampung, dan UIN Maulana Malik Ibrohim Malang.

Penghargaan diterima rektor UIN SGD Bandung, Prof.Dr. Mahmud, M.Si di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti RI, Jakarta, Rabu (4/07/2018)

Penghargaan kedua diraih dosen Fakultas Sains dan Teknologi,  UIN Bandung Prof Dr  Muhammad Ali Ramdhani sebagai penulis artikel ilmiah dengan Sinta nilai tertinggi kategori perguruan tinggi keagamaan. Prestasi pembantu rektor IV UIN Bandung bidang kerja sama tersebut, mengungguli empat akademisi kenamaan dari berbagai universitas Islam negeri.

Bukan hanya UIN Bandung, penghargaan sama juga diberikan kepada sejumlah perguruan tinggi nasional. Sinta diberikan kepada institusi perguruan tinggi, peneliti, dan pengelola jurnal. Menristekdikti M Natsir memberikan langsung Sinta Awards 2018 di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti Jakarta,  Rabu (4/7) malam.

Rektor UIN  SGD Bandung Prof Dr Mahmud, M.Si, mengungkapkan rasa harunya,   pihaknya terus berupaya menggiatkan penelitian dan publikasi melalui Lembaga Penelitian dan Pengkajian Masyarakat (LPPM). Dosen dan mahasiswa terlibat aktif dalam berbagai aktivitas keilmuan untuk menghasilkan terobosan bermanfaat bagi masyarakat.

UIN Bandung juga terus  meningkatkan pasilitas  sarana pendidikan, salah satunya perpustakaan yang berbasis digital untuk  memudahkan masyarakat mengakses berbagai buku-buku berkualitas. Dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan perpustakaan itu untuk menghasilkan penelitian berkualitas internasional.

Rektor mangaku respek dan mendukung penuh agenda akselarasi publikasi ilmiah jurnal nasional dan international bereputasi global yang sedang dilakukan pemerintah. Sebab itu, PT harus menopang pemerintah indonesia ddalam mencapai target, baik kuantitas  maupun kualitas publikasi ilmiah di jurnal bereputasi global sebagai ranking tertiggi di level ASEAN 2019.

Penghargaan Sinta Awards sebagai bukti  prestasi gemilang sivitas akademisi UIN SGD Bandung dalam produktivitas publikasi ilmiah. Publikasi karya ilmiah merupakan kebijakan dan program yang direncanakan sejak lama.

Dikatakan rektor PTKI se-Indonesia melalui pembinaan Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI sedang menyusun agenda riset keagamaan menuju destinasi kajian Islam dunia. UIN SGD Bandung  berpijak pada paradigma wahyu memandu ilmu telah menyusun topik-topik inti riset seputar radikalisme, pemanfaatan teknologi, indikasi geografis produk unggulan masyarakat lokal, dan Islam Nusantara.

Sementara Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan prestasi yang dicapai UIN SGD merupakan sebagai indikator keberimbangan dalam merealisasikan tri dharma perguruan tinggi. Dengan penghargaan itu, memberi ruang yang kuat bagi penelitian dan publikasi ilmiah, disamping pendidikan kepada masyarakat. “ kami  hanya berusaha merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, dengan maksimal.” katanya

Ia berharap dengan penghargaan ini, bisa menjadi motivasi untuk bekerja keras supaya UIN Bandung menjadi lebih maju dan berkualitas. ( har/rep/gm)

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet