Tradisi Kawin Cai Simbol Permersatu Bangsa

  • 0 comments

CIMAHI, Ekpos.Com---Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamill, menyatakan tradisi Kawin Cai, menunjukan semangat persatuan dari forum-forum kebudayaan se-nusantara. Tradisi tersebut sebagai simbol bahwa persatuan negara Indonesia harus kuat. Sebab, hal itu sebagai syarat agar negara ini bisa maju dan tidak terpecah belah.

Untuk itu, ia mendukung adanya tradisi Kawin Cai Sanusantara yang digelar Kabuyutan Cipageran dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, di Kabuci, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Minggu (24/2/2019).

"Selama segala tradisi dan kebudayaan yang ada di Indonesia tidak melanggar syariat, pihaknya akan selalu memberikan dukungan. Dengan adanya tradisi ini persatuan Indonesia semakin kuat dan kebudayaan tetap kita jaga karena kebudayaan menunjukan siapa kita. Saya kira itu pesan utamanya.," ujar Emil.

Sementara Seusepuh Kabuyutan Cipageran, Abah Yusuf Maulana, mengatakan bahwa tradisi kawin cai bertujuan untuk mempersatukan kebudayaan masyarakat yang ada di Nusantara, melalui air kahuripan dari berbagai daerah.

"Semoga tradisi Kawin Cai bisa menyelamatkan karahayuan negara ini bisa tetap terjaga. Kawin Cai Sanusantra ini patut untuk dilestarikan karena ada nilai-nilai lokal yang bisa menjadi sebuah potensi untuk membangun sebuah kebersamaan," katanya.

Dalam tradisi Kawin Cai tahun ini, sebanyak 135 sumber air dibawa oleh tokoh-tokoh kebudayaan dari seluruh Indonesia untuk dipersatukan. Air yang disatukan itu diantaranya dari Aceh, Papua Palu, Lombok, dan Bali. ***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet