Tingkatkan Kesadaran Wajib Pajak, bank bjb Sosialisasikan Program Layanan SAMSAT

  • 0 comments

Bandung, Ekpos.com – bank bjb bekerja sama dengan Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPPD) Wilayah Bandung 1 Pajajaran menyelenggarakan sosialisasi layanan Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) kepada pejabat kewilayahan dari tingkat kecamatan hingga rukun warga (RW) di di Ruang Rapat Lantai 9 Kantor Pusat bank bjb, Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang senantiasa dilakukan perseroan guna mendukung peningkatan kesadaran para wajib pajak di tanah air dalam berpartisipasi untuk melaksanakan kewajibannya. Para pejabat kewilayahan dipilih lantaran dinilai memiliki kapabilitas, daya jangkau, dan kompetensi untuk mempengaruhi pilihan masyarakat dalam mengambil tindakan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan bank bjb senantiasa menjaga jalinan sinergi yang telah terikat antara perseroan dengan tim pembina SAMSAT untuk memuluskan langkah dalam memperluas jangkauan pelayanan serta meningkatkan pendapatan retribusi daerah bersumber dari pajak.

"Sebagai bank daerah, kami senantiasa menjadi pendukung utama dalam setiap agenda pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Tak terkecuali dalam hal pemungutan pajak sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) terbesar yang pada gilirannya menjadi pemberi sumbangan untuk mendanai berbagai pembangunan. Dalam praktiknya, bank bjb senantiasa bergandengan tangan dengan pemerintah sebagai mitra guna mengoptimalisasi pendapatan demi mendukung pembangunan dengan berorientasi pada penciptaan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik," kata Widi.

Dalam kesempatan tersebut, bank bjb juga mensosialisasikan sejumlah program dan produk andalan yang telah disinergikan dengan tim pembina SAMSAT, di antaranya E-Channel SAMSAT (E-Samsat), Tabungan SAMSAT (T-Samsat), SAMSAT Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT J'bret), SAMSAT Banten Hebat (SAMBAT). Perseroan juga memberikan paparan terkait langkah demi langkah pemanfaatan fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) elektronik maupun secara online tersebar agar pemahaman terkait produk pembayaran pajak ini tersebar luas.

Seperti diketahui, bank bjb merupakan perbankan pionir yang meluncurkan inovasi pembayaran PKB secara elektronik yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Inovasi pembayaran PKB ini senantiasa diperbaharui demi mendatangkan kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

Lewat berbagai fasilitas pembayaran PKB elektronik maupun secara online yang dikembangkan perseroan, wajib pajak bisa dengan lebih mudah melakukan pembayaran PKB tahunan tanpa harus mendatangi Kantor SAMSAT dan mengantre selama berjam-jam.

Caranya, para wajib pajak dapat mengakses aplikasi SAMBARA (Jabar) dan SAMBAT (Banten) yang dapat diunduh melalui Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, wajib pajak melakukan registrasi dengan melakukan input nomor polisi, nomor induk kependudukan (NIK) dan lima digit nomor rangka terakhir yang terdapat pada surat tanda nomor kendaraan (STNK) kendaraan. Wajib pajak akan mendapatkan kode bayar untuk melakukan transaksi pembayaran.

Pembayaran dapat dilakukan melalui jaringan kantor (teller) dan jaringan elektronik (ATM, SMS, dan bjb digi) serta channel layanan yang telah bekerjasama dengan bank bjb di seluruh Indonesia antara lain: gerai modern channel (Indomaret dan Alfamart), e-commerce (Tokopedia dan Bukalapak) fintech (KASPRO) dan channel payment point online bank (PPOB).

Sedangkan dengan T-Samsat, pengguna jasa bisa menyetorkan pajak kendaraan dari seluruh jaringan ATM dan kantor bank bjb. Pembayaran pajak dilakukan secara otomatis setiap bulan dengan cara didebet dari rekening nasabah bank bjb. Fasilitas ini dapat digunakan masyarakat sepanjang telah memiliki salah satu dari produk tabungan bjb Tandamata. Pendaftaran cukup melakukan registrasi bjb T-Samsat ke semua kantor bank bjb di Indonesia, menyertakan buku tabungan ber-ATM bank bjb, nomor handphone, fotokopi KTP, dan STNK.

"Berbagai layanan SAMSAT terintegrasi uang turut serta dikembangkan perseroan merupakan bentuk nyata dukungan kami terhadap upaya optimalisasi raihan potensi pendapatan daerah. Hal tersebut juga merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang senantiasa dilakukan demi memberikan kemudahan dan kenyamanan serta pengalaman yang menyenangkan saat bertransaksi menggunakan fasilitas yang disediakan bank bjb," turur Widi. **

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet