Terganjal Perwal Larangan Penggunaan Kantong Plastik Belum Bisa Diberlakukan

  • 13 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Terganjal belum adanya peraturan walikota (perwal) pelarangan penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan dan toko modern di Kota Bandung belum bisa diberlakukan 1 Desember 2018 karena masih menunggu Peraturan Wali Kota.

“Peraturan Walikota sebagai petunjuk pelaksanaan Perda, saat ini sedang dalam proses finalisasi di DLHK untuk selanjutnya diharmonisasi di level berikutnya,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung M Salman Fauzi mengatakan Salman di Balai Kota, Kamis (29/11).

Dikatakan Salman, penggunaan kantong plastik merupakan bagian dari gerakan kang pisman. Hal tersebut sudah tercantum dalam Perda nomor 17 tahun 2012 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

"Isi Perda mengamanatkan tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Untuk tahap awal, baru bersifat himbauan agar ritel dan masyarakat bersama- sama mengurangi penggunaan kantong plastik. Pengurangan kantong plastik dicoba bertahap diawali dari pusat perbelanjaan kemudian ke pasar tradisional. Karena di pasar tradisional yang banyak meggunakan kantong plastik,”ungkapnya.

Salman mengatakan, Pemkot memberikan apresiasi bagi ritel dan warga yang telah mengurangi penggunaan kantong plastik. Salman juga menegaskan terkait dengan adanya viral medsos tentang larangan ritel menggunakan kantong plastik pada tanggal 1 Desber 2018, belum menjadi sikap Pemkot .

“Sejauh ini baru dilakukan langkah persiapan ang akan lebih menguatkan himbauan kepada para pelaku usaha dan masyarakat. Karena kami menangkap kesan, bahwa selain ada dukungan yang kuat terkait pengurangan kantong plastik, dirasakan masih perlu ada persiapan-persiapan di level implementasi,”katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet