Terdakwa Penyerangan dan Perusakan Mapolsek Bayah, Divonis Berbeda

  • 207 views
  • 0 comments

EKPOS.COM, RANGKASBITUNG – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Rangkasbitung, akhirnya menjatuhkan vonis antara 7 bulan hingga 9 bulan penjara terhadap 15 orang terdakwa pelaku penyerangan dan perusakan Markas Kepolisian Sektor (mapolsek) Bayah Banten 12 Mei 2018 lalu, dalam sidang yang beragendakan pembacaan putusan, Kamis (8/11/2018).

Berdasarkan putusan hakim yang dipimpin Hakim Ketua Dede Halim, SH., MH., tersebut, dua terdakwa Sutisna bin Apandi dan Heri bin Udin divonis dengan hukuman 7 bulan penjara.

Sementara tiga orang terdakwa Yuyus, Didi dan Jaja, divonis masing-masing 9 bulan penjara, dan sisanya 10 orang terdakwa masing-masing divonis dengan 8 bulan penjara.

Vonis majelis hakim ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Khusnul Fuad, SH., yang menuntut kelima belas orang terdakwa itu masing-masing dengan hukuman 12 bulan penjara.

Sebelumnya jaksa penuntut umum (JPU) Khusnul Fuad, SH., menyatakan para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana “terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang”, sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 170 ayat 1 KUHP.

Atas putusan terhadap Sutisna dan Heri tersebut, baik JPU ataupun kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya Rizky Rismawan, SH., Anthony Lesnussa, SH., dan Teguh Margono, SH., dari LHKI menyatakan menerima.

Sementara putusan terhadap terdakwa lainnya, hampir seluruhnya baik terdakwa melalui kuasa hukumnya dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) maupun JPU menyatakan menerima putusan.

Hanya terdakwa Yuyus yang divonis 9 bulan penjara, baik terdakwa melalui kuasa hukumnya dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia dan juga Jaksa Penuntut Umum menyatakan pikir-pikir.

Ditemui usai sidang, kuasa hukum dari LHKI Rizky Rismawan, SH., Anthony Lesnussa, SH., dan Teguh Margono, SH., menyatakan cukup puas atas vonis yang dijatuhkan hakim tersebut.

“Vonis berbeda dari majelis, ini menunjukan bahwa majelis turut mempertimbangkan eksepsi dan pledoi yang kami sampaikan”, ujar Rizky Rismawan, SH. (BD)

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet