Siapkan KTP dan KK, Pemprov Jabar Sediakan Bus dan Kereta Api Mudik Gratis

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Bagi masyarakat Jawa Barat yang mau mudik gratis, tinggal menyiapkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan 100 armada bus, dan satu rangkaian kereta api gratis.

“ Dari 100 bus yang disediakan tersebut, 90 bus disiapkan khusus Pemprov Jabar dan 10 bus dari Jasa Raharja. Selain itu, untuk tahun ini kita juga menyiapkan satu rangkaian kereta api, dengan kapasitas totalnya kurang lebih 4.700 tempat duduk," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Hery Antasari di Kantornya,  Rabu (20/3).

Hery mengatakan, berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Tahun ini Dihub Jabar menyiapkan satu rangkaian kereta api. Sehingga bagi masyarakat yang akan mudik lewbaran tahun ini mempunyai dua pilihan.

"Penyediaan kereta api sebagai sarana transportai mudik lebaran tahun ini, sebagai bentuk responship pemerintah akan aspirasimasyarakat pada tahun lalu," katanya.

Dikatakanya, untuk moda transportasi bus, akan diberangkatkan pada empat titik, yaitu Bandung, Bekasi, Sukabumi, dan Bogor. Dengan rincian dari Bandung 25 bus, Sukabumi 15 bus, Bekasi 40 bus, dan Bogor 10 bus.

 

“Untuk tujuan akhir bus adalah di Solo dan Yogyakarta. Sementara untuk kereta api tujuan ahirnya di Surabaya,” ujarnya.

Heri menjelaskan, untuk mengikuti program mudik gratis ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat. Yaitu, dengan menujukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Dan juga harus memperlihatkan STNK kalau ingin membawa motor.  karena kita juga menyediakan kapasitas untuk 200 untuk motor yang bisa diangkut sama truk yang kita siapkan," katanya.

Bagi masyarakat yang mau memanfaatkan fasilitas tersebut, sudah dapat mendaftar program bernama Mudik Gratis Pemprov Jabar SELAMANYA (Selamat, Aman, dan Nyaman) di Kantor Dishub Jabar di Jalan Sukabumi, Kota Bandung sejak Rabu (20/3/2019) dan akan ditutup pada 20 Mei 2019.

Rutenya bus tujuan Solo dan Yogyakarta, lewat jalur utara dan selatan pemberangkatannya akan dilangsungkan pada 1 Juni 2019. Sedangkan untuk Kereta Api, akan menggunakan Kereta Api Mutiara Selatan dari Stasiun Bandung sampai Stasiun Gubeng Surabaya, pemberangkatan 2 Juni 2019.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau, setiap perusahaan agar menyediakan layanan mudik gratis kepada karyawan. Khususnya, kepada perusahaan yang memiliki pegawai dalam jumlah banyak.

"Saya imbau perusahaan yang punya pegawai banyak, mengkoordinasikan untuk memberikan hadiah kemudahan mudik bareng ke zona-zona. Jadi tidak naik motor, karena resikonya cukup tinggi," ujar Ridwan Kamil.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet