Senin Besok Mobil Yang Masuk Pemkot Harus Mempunyai Tong Sampah

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Terhitung Senin (18/3/2019) Pemerintah Kota Bandung mewajibkan setiap kendaraan roda empat (mobil), yang masuk ke lingkungan Pemkot Bandung memiliki tong sampah. Sehingga setiap mobil yang mau masuk, akan diperiksa oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dengan Satpol PP Kota Bandung.

Hal tersebut, sebagai bentuk penguatan Gerakan Kang Pisman (Kurangi Pisahkan Manfaatkan Sampah) dan penegakan Peraturan Daerah nomor 9 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah.

"Hal ini sebagai penerapan aturan pasal 51 Perda Nomor 9 Tahun 2018, tentang Pengelolaan Sampah. Jadi setiap kendaraan wajib dilengkapi tong sampah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Salman Fauzi , Sabtu (16/3/2019).

Diakui Salman, keharusan menyediakan tempat sampah di dalam kendaraan roda empat bukanlah hal yang baru. Pihaknya hanya mengingatkan kembali karena pada dasarnya sudah banyak pemilik kendaraan yang menyediakan tempat sampah di dalam kendaraanya.

“Keberhasilan implementasi kebijakan tidak hanya oleh faktor tunggal pemerintah saja, tetapi pasti merupakan resultan dari banyak faktor termasuk para pemilik kendaraan itu sendiri. Kebijakan adanya tempat sampah di kendaraan roda empat bisa dipandang hal sederhana. Namun, jika tidak disertai kesadaran dan perubahan perilaku akan menjadi tidak sederhana,” ungkapnya.

Sehingga, penegakan aturan melalui kampanye dan edukasi yang masif, aksi-aksi rutin yang dilakukan secara efektif dan penegakan aturan menjadi hal-hal mendasar yang harus dilakukan untuk keberhasilan implementasi kebijakan.

"Terkait sanksi yang akan diberikan, mengacu pada ketentuan yang berlaku. Yang diberi kewenangan untuk menerapkan sanksi adalah PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Satpol PP," ujar Salman. ***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet