Sekolah Swasta Minta Dilibatkan Dalam Perencanaan Pendidikan

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Ketua Pembina Yayasan PGII, Djaman Satori berharap Pemerintah Kota Bandung melibatkan sekolah swasta dalam membuat perencanaan bidang pendidikan termasuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Seperti PPDB itu diharapkan nanti ke depan ada musyawarah. Swasta itu diajak untuk membuat perencanaan sehingga sudah bisa mengantisipasi kondisinya," tutur Djaman beraudiensi dengan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Senin (13/7/2020). 

Soal PPDB, Djaman menyoroti soal jarak atau sistem zonasi. Ia menginginkan porsi dan pemetaan siswanya bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan.  Tak hanya itu, ia juga berharap Pemkot Bandung membantu pemenuhan fasilitas di sekolah swasta.

"Sekolah swasta ada yang muridnya minim. Mungkin karena fasilitasnya,"bebernya. 

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan, untuk memberikan keadilan pihaknya akan mengkaji bersama dinas terkait. 

"Masukan seperti ini dari pihak swasta ini perlu. Perlu ada kajian, evaluasi tentang munculnya persoalan. Ini penting sebagai bahan kajian," ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Cucu Saputra mengakui, pendidikan itu menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga penyelenggaraan pendidikan perlu adanya keseimbangan.

"Harus ada keseimbangan antara porsi peran pemerintah dengan porsi peran masyarakat," katanya.

"Dalam hal ini swasta, fenomenanya adalah bahwa untuk sekolah yg pra SD, itu seperti Paud TK hampir diangka 90 persen itu peran masyarakat, kemudian ketika masuk ke SD dan SMP karena ada program wajib belajar, maka pemerintah hadir memberikan layanan dasar kepada masyarakat, dengan pendirian sekolah negeri," tambahnya. 

Menurut Cucu, perlu peran aktif masyarakat. Sehingga yayasan di setiap sekolah memberikan peranan yang luas.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet