Sekda Kab. Tasik Dipanggil Ditreskrimsus Polda Jabar

  • 159 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Sekretaris Daerah Pemkab Tasikmalaya, Abdul Kodir dipanggil  penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar, sebagai saksi atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dana hibah APBD 2017 yang mencapai Rp 141 miliar.

"Hari ini kami menjadwalkan pemanggilan terhadap yang bersangkutan (Sekda Pemkab Tasikmalaya)," ujar Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar, Kombes Samudi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (1/10/2018).

Samudi mengatakan, serangkaian penyelidikan terhadap kasus itu sudah dirampungkan dan menemukan dua alat bukti. Kalau berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), dua alat bukti sudah cukup untuk menjerat seseorang sebagai tersangka. Namun, berdasarkan Peraturan Kapolri, penyidik perlu menggelar perkara kasus tersebut meskipun sudah menemukan dua alat bukti.

"Kami perlu gelar perkara dulu, ya walaupun kami sudah mengantongi dua alat bukti. Setelah itu baru ada penetapan tersangka," ujar Samudi.

Dipaparpan Sarmudi, dugaan awal penyidik menemukan pemotongan dana bagi penerima hibah senilai Rp 3,4 miliar. Akibat perbuatan tersebut, ada kerugian keuangan negara.

"Namun untuk pastinya berapa kerugian negara masih dilakukan audit, jadi belum bisa dijelaskan," ujar Samudi.

Namun berdasarkan informasi delapan badan hukum berupa yayasan keagamaan di Kabupaten Tasikmalaya telah menerima hibah mulai dari Rp 150 juta hingga Rp 250 juta. Diduga dalam pelaksanaanya ada pemotongan Rp 97,5 juta hingga Rp 225 juta, sehingga jika dototalkan mencapai  Rp 1,2 miliar.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet