Samsat Cibadak Jemput Bola Wajib Pajak

  • 641 views
  • 1 comments

Sukabumi, Ekpos.com

Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Sukabumi 1 Cibadak, terus melakukan pelayan terhadap wajib pajak dengan berbagai cara agar memudahkan pembayaran. Salah satunya program baru yaitu Sitem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) ”Samsat Gendong ” (Samdong).

Diungkapkan Hendra Gunawan Kepala Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Sukabumi 1 Cibadak belum lama ini, Samdong sendiri bertujuan untuk menjangkau para wajib pajak (WP) yang berada di sejumlah pelosok daerah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

”Samdong ini merupakan sebuah program baru yang akan melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi para wajib pajak di pelosok daerah yang jauh dari Kantor Samsat,” ungkap Hendra Gunawan.

Menurutnya, Samsat Gendong itu sendiri dianggap lebih agresif untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah pelosok dataran rendah, seperti pesisir laut hingga mereka yang tinggal di kawasan pegunungan.

”Dalam teknisnya, Untuk mengumumkan keberadaan Samsat Gendong sendiri disana kita mencoba mempergunakan momentum Sholat Jum’at. Bahwa ini merupakan salah satu cara untuk mengingatkan WP tentang kewajiban membayar pajak,” katanya.

Sebelumnya, kami sudah melakukan pendataan secara langsung terhadap potensi pajak di 30 Kecamatan yang baru menggelar operasi penelusuran di 15 Kecamatan dan sisanya akan di lakukan oleh Samdong.

Memang dengan penulusuran itupun efektif, Tapi meskipun begitu tetap saja masih ada yang enggak bayar pajak. Makanya ini merupakan jurus lain, yaitu mencari masyarakat wajib pajak dengan Samsat Gendong,” katanya.

Ditambahkan Hendra, Samsat Gendong akan difungsikan oleh dua orang petugas dari sipil dan kepolisian. Dua orang tersebut akan menggunakan sepeda motor dengan membawa perangkat pembayaran pajak yang berada dalam satu tas gendong.

Kedua petugas tersebut nantinya akan membuat sebuah stand kecil untuk melayani para wajib pajak yang akan membayar pajak kendaraan tahunan atau pun lima tahunan, jelasnya.

Ditambahkan Hendra, meskipun ruang lingkup Kabupaten Sukabumi tapi dalam pelayanan juga melayani Wajib Pajak dari Kota sukabumi karena di dalamnya ada 2 Baur yaitu Baur Kabupaten Asep dan Baur Kota Tatang.

Sementara itu, untuk mensukseskan program Samsat Gendong, Baur Kabupaten dan Baur Kota, terus menerus melakukan sosialisasi ke masyarakat pedesaan yang tinggalnya sangat jauh di Pengunungan dan transportasi sulit, sehingga hal tersebut sangat efektif dan masyarakat (red-Wajib Pajak) merasa senang senang dengan pelayanan tersebut. (Mawan) 

Komentar
  • Septian adi putra
  • 13 Okt 2017 20:32:04

Klw bayar pajak telat 2 bulan berapa ??

Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet