Ribuan Perempuan Meriahkan Hari Ibu di Bandung

  • 28 views
  • 0 comments
Ribuan Perempuan Meriahkan Hari Ibu di Bandung

BANDUNG. Ekpos

Ribuan perempuan memeriahkan kegiatan peringatan Hari Ibu yang digelar Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Jalan Ir. Sukarno Bandung, Sabtu (22/12).

Para ibu bangsa ini tampak antusias mengikuti berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Lomba Senam Jokowi, Flash Mob hingga layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Ketua Panitia Kegiatan Hari Ibu TKD Jawa Barat Jokowi - Amin, Ineu Purwadewi Sundari mengungkapkan peringatan hari ibu ke-90 tahun ini bertema "Perempuan Jawa Barat BerSATU untuk NKRI".

"Ibu memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa. Ibu juga merupakan sekolah utama bagi anak-anak, sekaligus sebagai tiang negara yang menjadi modal dalam membangun negara melalui keluarga," kata Ineu disela kegiatan.

Ineu mengatakan, peranan perempuan dalam memperjuangkan kemerdekaann juga sangat besar. Dalam masa penjajahan, imbuhnya, ibu bangsa yang tergabung dalam organisasi perempuan menggelar Kongres Perempuan Pertama pada 22 - 25 Desember 1928, di Yogyakarta untuk kemerdekaan bangsa.

Sebagai bentuk apresiasi dan juga penghargaan terhadap perjuangan kaum perempuan Indonesia, Presiden RI pertama, Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional.

"Hal ini memperlihatkan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kontribusi yang sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan lantaran juga memiliki peranan di ranah domestik, ibu berpengaruh besar dalam memaksimalkan potensi diri seorang manusia dan kaum ibu adalah penjaga moral anak," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris TKD Jabar Jokowi - Amin, Abdy Yuhana menambahkan pemerintah Jokowi - JK juga sangat memperhatikan kaum perempuan yang notebene adalah ibu.

Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi - JK, kata Abdy,  memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita.

"Presiden Jokowi juga memberikan ruang yang sangat besar bagi perempuan dalam kabinet kerja dan merupakan terbanyak di dunia," tutur Abdy.

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan suara kaum perempuan dalam pemilihan presiden 2019 ini cukup signifikan.

Ia menilai, dengan selisih suara sekitar 200 ribuan dengan pria di Jawa Barat, suara perempuan diharapkan dapat mendongkrak kemenangan pasangan Jokowi - Amin.

"Kaum perempuan juga cukup loyal terhadap pilihannya. Selamat hari ibu, teruslah menjadi inspirasi dalam keluarga dan tanamkan nilai-nilai kehidupan sesuai Pancasila kepada anak-anak kita," tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga beberapa pejuang kemerdekaan perempuan asal Jawa Barat Dewi Sartika dan ibu bangsa yang juga istri Presiden Soekarno, Inggit Garnasih mendapatkan penghargaan atas andilnya dalam perjuangan bangsa.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional HR Agung Laksono, tim kemenangan, calon legislatif DPRD seluruh parpol pengusung dan relawan pasangan 01. [lanie]

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet