Ribuan Bayi Lobster Berhasil Diamankan Polairud Polda Jabar

  • 32 views
  • 0 comments

CIREBON, Ekpos.Com---Ditpolairud Polda Jabar berhasil mengamankan 9.575 bayi lobster di wilayah Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat serta mengamankan dua orang pelaku berinisial R (32) dan AS (32) warga Kabupaten Lebak Banten, Banten pada Senin (14/1/2019) malam.

Dari 9.575 bayi lobster yang diamankan, sebanyak 9.458 ekor jenis lobster pasir sementara sisanya, 117 ekor jenis lobster mutiara. Kedua tersangka warga Banten itu diamankan di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

"Petugas kami sudah di sana selama seminggu untuk memantau penyelundupan. Dari tersangka kita kembangkan, kemudian kita berhasil amankan 9.575 bayilobster yang akan diselundupkan ke pengepul yang lebih besar,"kata Dirpolairud Polda Jabar, Kombes Pol Widi Handoko di Ditpolairud Polda Jabar, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (15/1/2019).

Handoko menyebutkan Dari hasil pemeriksaan kedua pelaku, ribuan bayi lobster yang terdiri dari 9.458 ekor jenis lobster pasir dan 117 ekor jenis lobster mutiara diperoleh kedua tersangka dari nelayan dengan harga Rp 15 per ekornya.

"Kalau harga untuk ekspor per ekornya itu Rp 250 ribu jenis pasir, sedangkan jenis mutiara Rp 300 ribu. Jadi kalau dikumulatifkan negara merugi sebesar Rp 2,3 miliar,"ujarnya.

 

Pihaknya saat ini tengah mendalami kasus penyelundupan bayi lobster, sementara barang bukti ribuan bayi lobster tersebut akan diserahkan ke dinas karantina ikan Cirebon untuk dilepasliarkan ke habitat aslinya.

 

"Kita sedang kembangkan apakah ada tersangka lain yang terlibat. Barang buktinya akan kita serahkan ke dinas karantina untuk dilepaskan ke habitatnya," kata Handoko.


Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasa 88 undang-undang nomor 45/2009 tentang perubahan atas undang-undang nomor 31/2004 tentang perikanan juncto pasal 55 KUHPidana.

 

"Pelaku diancam kurungan enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar,"pungkasnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet