Ratusan Rumah dan Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

  • 0 comments

KAB. BANDUNG, Ekpos.Com---Banjir luapan Sungai Citarum mengepung warga Kabupaten Badung, tiga kecamatan yaitu Bojongsoang, Baleendah dan Dayeuhkolot. Luapan air terjadi  akibat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ini.

Ketinggain air bervariasi, ada juga yang mencapai atap rumah warga, selain itu beberapa ruas jalan tertutup air dan tak bisa dilalui kendaraan karena ketinggian air lebih dari 1,5 meter.

"Ketinggian airnya diperkirakan sentimeter sampai 250 sentimeter. Namun ada pula yang mencapai atap rumah," kata Ule (47), warga Bojongasih, Kamis (6/3/2019).

Menurut Ule, kejadian banjir ini sudah terjadi sejak tiga minggu ke belakang. Namun banyak warga yang bertahan di rumahnya dibandingkan mengungsi.

Selain merendam ratusan rumah warga di tiga kecamatan, sejumlah ruas jalan raya di Kabupaten Bandung, juga terputus seperti akses Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran. Tepatnya di depan Masjid As-Sofiah,  sehingga semua jenis kendaraan tak dapat melintas.

"Ketinggian airnya setinggi betis dan yang paling dalam sepinggang orang dewasa," kata salah satu warga.

Kanitlantas Polsek Dayeuhkolot AKP Sumartono menuturkan, akibat luapan air yang menutupi badan jalan, beberapa jalur ditutup sementara.

"Iya, ditutup sementara, karena airnya belum surut. Kalau dibiarkan akan sangat membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk alternatif, kendaraan yang biasa melintas Jalan Dayeuhkolot-Banjaran dari arah Banjaran menuju Kota Bandung dapat menggunakan Jalan Raya Soreang-Kopo. Sedangkan dari arah Majalaya-Ciparay dapat menggunakan jalur alternatif Rancamanyar-Cibaduyut.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet