PWI Jabar : Terkait Covid-19, Sajikan Informasi Yang Lebih Edikatif

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mengimbau Ketua PWI Kota/Kabupaten se Jabar dan wartawan anggota PWI Se-Jawa Barat serta pengelola media, agar menyajikan informasi yang lebih edukatif dan informatif terkait penyebaran Covid-19.

 

Hal tersebut disampaikan PWI Jabar melalui Surat Edaran tentang Pemberitaan Terkait Covid-19 Nomor:2.150/PWI-JB/III/2020.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengatakan, mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya Jawa Barat, pihaknya memandang perlunya mengeluarkan surat edaran dalam menjalankan peran dan fungsi wartawan maupun media.

Hilman mengungkapkan, pers tentu saja harus kembali pada semangat utama untuk mencerdaskan bangsa, bukan untuk mengeruhkan suasana. Karena itulah, PWI Jabar mengajak semua Ketua PWI Kota/Kabupaten serta anggota PWI se Jawa Barat, untuk berkomitmen memberikan informasi yang jelas dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi pembaca khususnya dan masyarakat secara umum, akibat adanya kesimpangsiuran informasi terkait Covid -19.

Hilman menjelaskan, surat edaran juga dimaksudkan sebagai imbauan kepada pimpinan media massa di Jawa Barat, agar dalam mencari, menyusun, dan mempublikasikan berita atau karya jurnalistik baik itu berupa gambar maupun suara selalu memperhatikan berbagai aspek. Seperti tidak memunculkan kepanikan, dan turut memberikan ketenangan masyarakat dengan mengedukasi.

“Wartawan juga hendaknya melindungi data dan identitas diri dan keluarga penderita atau yang dalam penanganan medis terkait virus Corona. Serta selalu berpegang teguh pafa Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam peliputan dan mengembangkan pemberitaan Covid-19,” ujarnya.

Hilman berharap, terkait dengan perlindungan wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik, para pimpinan media  memperhatikan SOP yang ada, dengan memperhatikan kesehatan, keamanan diri dan tidak mengabaikan protokol kesehatan khususnya berkaitan Covid-19.

 

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet