PUPR Cimahi Halalkan Konsultan Perencana, Pengawas Sekaligus Pelaksana Proyek

  • 59 views
  • 0 comments

ahiCIMAHI, Ekpos.com -  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Kota Cimahi , memberikan beberapa paket pekerjaan konstruksi kepada salah satu pemborong yang sekaligus sebagai konsultan perencana,konsultan pengawas di Dinas PUPR  kota Cimahi,

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga kota Cimahi sebut saja Ilham (bukan nama Sebenarnya)  kepada Ekpos.com, Rabu, (7/11/2018).

Menurut Ilham rasanya kurang pantas apabila seorang konsultan perencana, sekaligus konsultan pengawas merangkap menjadi pelaksana, ungkapnya kepada Ekpos.com.

Mendengar hal tersebut, Ekpos.com mendatangi kantor Dinas PUPR kota Cim,sayangnya

Kepala dinas sedang tidak berada di tempat. Namun Ekpos.com berhasil ditemui  oleh Kasie Perencanaan Dinas PUPR bidang Bina Marga, Made.

Menurut made memang hal ini benar, namun saya sebagai kasie perencana jauh jauh hari sudah mengingatkan tentang hal ini dan bisa menjadi temuan, tapi tidak diperhatikan.

“Memang benar ada Konsultan perencana  yang  juga sekaligus  konsultan pengawas,berinisial S yang mendapat tiga paket pekerjaan, namun saat di lapangan bukan S yang mengerjakan tapi semuanya milik S,” ungkap Made.

Sementara, Kepala Bidang Bina Marga, Wilman melalui WhatsApp menjelaskan, berdasarkan Perpres 16/2018 pasal 7, disampaikan bahwa untuk menghindari dan mencegah terjadinya pertentangan kepentingan pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung yang berakibat persaingan usaha tidak sehat dalam pengadaan barang/jasa, maka konsultan perencana/pengawas tidak diperbolehkan dalam pekerjaan konstruksi bertindak sebagai pelaksana pekerjaan dan konstruksi yang dikerjakannya atau diawasinya kecuali dalam pelaksanaan pengadaan pekerjaan terintegrasi.(Harold/adero)

 

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet