Prof.Rosihon : Sama Antara Al-Quran Suni dan Syiah

  • 0 comments

Bandung, Ekpos.com

Al-quran sebagai sumber hukum utama dalam Islam perlu penafsiran yang benar dan tepat. Posisi Ilmu Tafsir sangat mulia, urgen dan strategis dalam menyingkap makna-makna teks Alquran.Keliru dalam penafsiran terhadap teks-teks Al-quran, akan menimbulkan kesesatan dan kemudharatann bagi umat. Karena itu, dibutuhkan Mufasirin yang mengusai mumpuni mengusai di bidang nya.

“Dalam memahami Alquran diperlukan tafsir yang kompreshensif,agar tidak menimbulkan pemahaman yang menyeleweng (sesat-red), “ Ungkap Cutural Counsellor, Embassy of The Islamic Republik of Iran Mehrdad Rakhshandeh, dalam Seminar Internasional bertema “International seminar on The Development of Tafsir Literatures Persia and Indonesia”  di gelar di Aula utama FU lt IV,Selasa, 4 /11/2019. Jln. AH.Nasution Bandung.

Menurut Dia, di Iran satu surat Alquran saja bisa menghasilkan berjilid jilid tafsir, Maka, perlu penafsiran yang komprehensif agar terhindar penyelewengan atau kesalahan ayat Al-quran.

Prof.Rosihon, mengungkapkan  Kajian mendasar antara  Al-quran suni (Indonesia) dan Al-quran  syi’i (Iran) adalah dalam hal epistemologi penafsirannya.seandainya di padukan dua pendekatan kajian tersebut bisa menghasilkan karya tafsir yang spektakuler.

Hal senada diutarakan Dekan FU Dr.Wahyudin Darmalaksana, teks teks Al-quran yang tak terbatas dan pemahamn kita yang terbatas pelu penafsiran yang benar karena posisi tafsir sangat strategis dalam mengeluarkan hukum hukum dalam alquran. (hr)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet