Potensi Zakat di Indonesia Rp 230 Triliun Namun Yang Dikelola Baru Rp 8 Triliun

  • 0 comments

Bandung, Zonabandung.com---Potensi zakat di Indonesia sangat besar yakni mencapai Rp230 triliun. Namun dari jumlah tersebut baru 3,5 persen atau sekitar Rp 8 triliun yang telah dikelola.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin saat membuka World Zakat Forum (WZF) 2019 di Crown Plaza Hotel, Kota Bandung, Selasa (5/11/2019).

"Itu artinya masih sangat besar potensi zakat (di Indonesia) yang belum terkelola," kata Ma'ruf .

Berdasarkan laporan yang diterimanya, terjadi peningkatan pengumpulan zakat dalam lima tahun terakhir dan mencapai 24 persen. Namun menurutnya, kenaikan tersebut masih relatif kecil dibandingkan dengan potensi zakat yang ada.

"Berbagai upaya harus dilakukan. Misalnya meningkatkan kesadaran masyarakat wajib zakat (muzaki) dengan cara-cara yang lebih baik,"katanya.

Dia juga mendorong pemanfaatan teknologi berbasis digital untuk pengelolaan zakat. Menurutnya, dengan begitu bisa meningkatkan kepercayaan dari para muzaki.

"Penggunaan informasi berbasis digital dalam pengelolaan zakat, sehingga menumbuhkan kepercayaan yang semakin tinggi dari muzaki," ujarnya serya m,enambahkan, Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) perlu terus berinovasi dari sisi penyaluran zakat.

“Zakat yang disalurkan itu tidak hanya diterima oleh para mustahik, tapi bisa mendorong pemberdayaan masyarakat dan peningkatan produktifitas. Sehingga pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi pengurangan kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet