Petani Hulu Sungai Citarum Diimbau Beralih Ke Tanaman Keras

  • 63 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Komandan Sektor (Dansektor) 1 Situ Cisanti, Kolonel Inf Inget Barus, mengatakan, hutan sekitar hulu Sungai Citarum sudah mengalami kerusakan cukup parah. Untuk itu ia mengimbau seluruh petani di wilayah hulu Sungai Citarum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, untuk beralih komoditi ke tanaman keras.

"Hutan sudah gundul, bila ditanami tanaman keras, akan banyak manfaat baik," kata Ingat Barus di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Rabu (12/9/2018).

Untuk itu dalam waktu dekat, pihak sektor 1 Situ Cisanti, akan menanam bibit pohon tanaman keras, di antaranya pohon nangka, jambu, jeruk, alpukat, dan kopi. Pohon - pohon itu, nantinya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Dengan begitu, dapat mengembalikan fungsi wilayah sekitar hulu sungai menjadi resapan,”ungkapnya.

Diakui Ingat, untuk merubah perilaku petani itu sangat sulit. Karena petani berpendapat, bila di wilayah hulu Sungai Citarum dialih komoditikan, penghasilan pasti menurun. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi terhadap warga.

"Saat ini, mereka belum siap karena pemikirannya pasti akan merugi. Namun kerugian mereka itu tidak seberapa dibandingkan kerugian yang dialami oleh warga terdampak meluapnya Sungai Citarum di daerah Baleendah, Rancakek, Dayeuhkolot, dan daerah lainnya,"pungkasnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet