Pertemuan 16 Negara Berakhir Selaraskan Persepsi Hukum Laut Internasional

  • 0 comments

JAKARTA, Ekpos.Com---Forum diskusi Maritim Security Desktop Exercise (MSDE) and Law of The Sea Course ke-9, sebagai salah satu upaya untuk menyelaraskan pemahaman terhadap implementasi dari hukum laut internasional. Hal itu disampaikan oleh Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, selaku Ketua Panitia kegiatan MSDE ke-9 saat membacakan Sambutan Penutupan Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R., di Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019).  

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesepahaman bersama mengenai arti penting ketaatan terhadap hukum yang kita sepakati, dan kerja sama antar negara peserta dalam menanggulangi isu-isu keamanan laut yang bersifat lintas batas negara”, pungkas Kolonel Salim saat membacakan sambutan Kepala Bakamla.  

Kolonel Salim menyampaikan apresiasi Kepala Bakamla kepada para peserta terhadap kegiatan ini. Dengan antusiasme yang tinggi, saling bekerja sama, bertukar ilmu dan pengalaman dalam mencari solusi permasalahan terhadap skenario-skenario yang disusun oleh fasilitator. Terlebih pada saat syndicate group discussion dan pada sesi-sesi lainnya dalam rangkaian kegiatan MSDE ke-9.  

Dalam sambutan tersebut, Kepala Bakamla dan segenap panitia kegiatan MSDE ke-9 berharap, hasil pelatihan ini dapat membuahkan manfaat bagi diri pribadi, instansi, maupun negara asal para peserta. Dalam sambutan yang dibacakan, Kepala Bakamla mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Australia yang telah bekerja sama dengan baik dalam menyelenggarakan kegiatan MSDE ke-9 ini.  

“Semoga kita dapat terus meningkatkan intensitas kerja sama di tahun-tahun mendatang”, harapnya.  

Selain itu Kepala Bakamla juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan fasilitator yang telah mendukung jalannya acara ini. Dengan apik menyampaikan materi dan memberikan  pemahaman mengenai hukum laut internasional/Unclos 1982, dan konvensi-konvensi internasional terkait lainnya. Tidak hanya itu, penerapannya terhadap isu-isu keamanan dan keselamatan  maritim juga turut serta dibeberkan.  

Acara penutupan juga diwarnai dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata oleh Ketua Panitia MSDE ke-9 Kolonel Salim dan Commander Chris Waters, kepada seluruh peserta yang mewakili coast guard negaranya.  

Suasana keakraban juga makin terasa tatkala Kolonel Salim dan Commander Waters melakukan jabat komando dan saling berangkulan.  

MSDE ke-9 tahun 2019 diselenggarakan oleh Bakamla dan Australian Border Force (ABF). Kegiatan yang berlangsung ke-sembilan kalinya ini, terlaksana berkat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia. Sebanyak 16 Negara perwakilan Coast Guard di negara-negara Kawasan Asia Pasifik, hadir dalam forum ini. 

Negara-negara tersebut antara lain: Indonesia, Australia, Bangladesh, Kamboja, Jepang, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Sri Lanka, Singapura, Korea Selatan, Timor Leste, dan Turki. (Humas Bakamla)

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet