Perjalanan Dinas Fiktip Jerat Sekwan Purwakarta

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Sekretaris DPRD Purwakarta, M Ripai dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur di Pasal 2 ayat 1 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana.

"Menjatuhkan pidana penjara pada terdakwa M Ripai selama 4 tahun, dan denda 200 juta dengan ketentuan kurungan 4 bulan jika tidak dibayar. Menghukum terdakwa membayar uang pengganti Rp 117 juta, jika tidak dibayar diganti kurungan 6 bulan," ujar Ketua Majelis Hakim, Sudira, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (10/4) malam.

Vonis hakim lebih rendah dibanding tuntutan jaksa yakni tujuh tahun lima bulan. Mendengar putusan hakim tersebut, Ripai menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Kasus yang menjerat Ripai tersebut  bermula, saat DPRD Purwakarta menganggarkan dana Rp 10,69 miliar untuk kegiatan penelahaan pengkajian pembahasan raperda, peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, koordinasi dan konsultasi pelaksanaan tugas pemerintahan dan kemasyarakat serta rapat badan anggaran.  

Program tersebut terealisasi sebesar Rp 9,39 miliar, hanya saja dalam pelaksanaannya terdapat sejumlah kegiatan fiktif.  Seperti kunjungan kerja, dengan menginap di sejumlah kota dan kabupaten di Jabar. Namun pada kenyataannya ternyata  tidak menginap. Selain itu, ada kegiatan bimbingan teknis fiktif. Bahkan untuk menguatkannya  dibuat surat perintah dari Ketua DPRD Sarif Hidayat pada 29 Juli 2017 di Kota Bandung. Padahal berdasarkan saksi semua anggota DPRD Purwakarta di persidangan, tidak pernah ada kegitan bimbingan teknis pada tanggal tersebut.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet