Pentas Seni Panggung di Kabupaten Cirebon Dibuka Kembali

  • 0 comments

CIREBON, Ekpos.Com--- Aliansi Kesenian Cirebon (AKC) se-Wilayah Kabupaten Cirebon berunjuk rasa meminta kepada DPRD Kabupaten Cirebon untuk mendukung tuntutannya, Jumat (10/7/2020).

Kordinator lapangan unjuk rasa Ragista Sugiono, menyampaikan tuntutannya di depan gedung DPRD Kabupaten Cirebon. Bahwa aliansi gabungan pelaku seni dan seniman di wilayah Cirebon menuntut agar dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) supaya para pelaku seni bisa menjalankan aktivitasnya.

“Kami datang kemari berunjuk rasa dengan damai, dengan cinta yang selama ini kami diam. Namun hari ini kami turun karena kami sudah sangat merasa lapar sekali,” tegasnya.

Selama ini para pelaku seni dan seniman, kata dia, tidak ada yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pada masa Pandemi Covid- 19. Dan kedatangannya juga untuk menyampaikan tuntutan AKC ke bupati.

“Para pelaku seni tidak ada yang mendapatkan perhatian apalagi bantuan dari pemerintah semacam bansos atau BLT. Tuntutan kami hanya satu yaitu agar diberika perbup dan disahkan kembali supaya para pelaku seni bisa melakukan aktivitasnya. Untuk itu kami minta agar DPRD Kabupaten Cirebon mendukung tuntutan kami dan menyampaikan tuntutan kami ke bupati,” tegas Ragista.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, M Luthfi menyampaikan, agar ada perwakilan dari AKC untuk sama- sama menemui sekda ataupun dinas terkait. Karena menurutnya, bupati sedang ada kunjungan kerja di Bandung.

Di kantor Setda Bupati, perwakilan AKC, ketua DPRD, disambut oleh Asda satu Hilmi Rifai, Kadisbudparpora, H Hartono langsung ke ruang Paseban dan beraudiensi. Adapun pada acara audiensi pihak AKC mendesak agar bisa secara langsung melalui virtual dengan bupati.

Ragista seusai audiensi virtual mengungkapkan, bahwasanya perbup sudah ada namun belum ditandatangani.

“Bahwasanya pentas seni panggung kalian perhari ini sudah bisa dibuka, Allahu Akbar,” kata Ragista.

Hilmi Rifai dalam kesempatan yang sama menyebutkan, seusai beraudiensi virtual bersama bupati, mewakili bupati menyampaikan, bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk seluruh pentas seni per hari ini sudah dibolehkan.

“Kami baru saja melaksanakan virtual konferensi bersama pa bupati, disaksikan ketua DPRD, Kadisbudparpora , bahwa kita sudah mendengarkan barusan bupati menyatakan mempersilakan untuk seluruh seniman Cirebon Untuk memulai kegiatannya. Tetapi catatannya tetap menjunjung tinggi menjaga protokol kesehatan,” tegas Hilmi.

Dalam kesempatan yang sama Kadisbudparpora Kabupaten Cirebon,  H Hartono mengatakan, pihaknya atas nama pembina kesenian, seniman di Kabupaten Cirebon kepada bupati, ketua DPRD, Forkopimda yang kemarin telah menyepakati dibukanya kembali atau dibelakukannya AKB di Kabupaten Cirebon.

” Untuk itu teman – teman seniman marilah kita dukung kebijakan bupati dengan acara menaati regulasi dan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yakni melaksanakan protokol kesehatan. Kalaupun ada hal-hal di lapangan yang menyulitkan saudara-saudara silakan bisa langsung koordinasikan dengan disbudparpora,” tegas Hartono.

Acara unjuk rasa AKC berjalan dengan tertib dan aman serta membubarkan diri setelah mendengarkan hasil tuntutannya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet