Pemprov Jabar Tingkatkan Angka Kesejahteraan dan Kebahagiaan Warga

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Guna meningkatkan angka kesejahteraan dan kebahagiaan warga, Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membagikan 120 unit mobil ala Film Transformer ke berbagai desa di Jawa Barat. Kendaraan multifungsi bernama Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) ini, direncanakan sudah terbagi semua sampai akhir tahun ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, purwarupa Maskara sudah diberikan kepada Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu sebagai pemenang desa nasional tahun lalu.

"Kemarin sudah saya berikan ke dua desa dulu, satu di Majalengka dan satu di Indramayu prototipe-nya. Tahun ini ada sekitar 120-an mobil serbaguna itu untuk dibagikan ke sejunlah desa," ujar Ridwan Kamil, di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa (25/6/2019).

Emil mengatakan Maskara punya lima fungsi utama, sebagai angkutan penumpang, sebagai angkutan barang pertanian, sebagai panggung hiburan, sebagai fasilitas nonton bareng, dan sebagai mobil klinik desa.

"Karena jumlahnya terbatas, jadi akan diberikan ke desa yang punya kriteria berprestasi. Untuk ukuran prestasinya ada di dinas desa. Tentang penyerapan anggaran, multidimensi pembangunan kan ada rapor-nya," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jabar, Dedi Sopandi, menjelaskan pihaknya menyiapkan dana sekitar Rp 49 miliar untuk merakit 120 unit mobil tersebut yang  akan dilelangkan.

"Tahun ini sekitar 120 unit disiapkan dibiayai APBD dengan nilai sekitar Rp 49 miliar akan dilelangkan. Sasis dan karoserinya digabung," ungkap Dedi.

Diungkapkan Dedi, 120 desa yang dipilih, mampu meningkatkan status desa berdasarkan indikator desa membangun dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI. Nama desa terpilih akan diumumkan pada Juli mendatang.

"120 desa terpilih adalah yang mampu menaikan indikator status desa misalnya status desa.  Ada mandiri, maju, berkembang, tertinggal, sangat tertinggal. Pada saat desa itu mampu menaikan posisinya, itulah yang akan dipertimbangkan," ujar Dedi.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet