Pemkot Bandung Lakukan Penataan PKL Cicadas Sebelum Direlokasi

  • 33 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Pemkot Bandung memutuskan untuk merelokasi sedikitnya 600 pedagang Cicadas. Namun untuk langkah awal, Pemkot akan melakukan penataan penyeragaman tenda PKL sehingga tidak terlihat kumuh.

 

"Lokasinya tetap di atas trotoar, sekarang Distaru sedang buat desain dengan lebar 1,5 meter untuk tenda PKL," ujar Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana dalam rilis, Kamis (18/10/2018).

Menurut Yana, secara prinsip kawasan Cicadas adalah zona terlarang bagi PKL. Hanya saja terdapat diskresi bahwa wali kota dapat melakukan penataan dari sisi waktu atau pun jenis komoditas. Sehingga pemerintah bisa mengatur waktu para PKL berjualan seperti ada libur satu hari dalam satu pekan.

"Secara prinsip zona Cicadas memang tidak boleh, namun pemerintah dapat mengatur berdasarkan komoditas atau waktu. Misal produknya harus tersertifikasi atau sebagainya,"ujar Yana yang juga menjabat sebagai Ketua Satgasus PKL.

Dikatakan Yana, untuk melakukan penataan rencananya akan dibuat sejumlah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa PKL yang tugasnya menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar Cicadas.

"Aka dibuat komitmen, yang membuang sampah sembarangan harus disanksi tidak boleh berjualan satu atau dua hari. Jadi kelompok kecil itu punya tanggung jawab untuk kebersihan,"ungkapnya.

Yana menjelaskan, penataan merupakan  langkah jangka pendek untuk menertibkan PKL. Sementara untuk jangka panjangnya, PKL akan direlokasi ke tempat yang tidak jauh dari mereka berjualan saat ini.

"Ada beberapa opsi tempat (relokasi), tapi itu harus diajukan dan perlu proses. Yang jelas lokasinya tidak terlalu jauh dari yang sekarang, karena PKL Cicadas banyak warga setempat. Selain itu, agar hokinya tidak jauh-jauh. Saya juga pengusaha, believe it not hoki itu berpengaruh," ujar Yana.***

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet