Pemkab Bandung Terus Berbenah Lingkungan

  • 72 views
  • 0 comments

SOREANG--- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, terus berbenah dan melakukan penataan pembangunan serta lingkungan yang sehat. Beberapa lokasi yang berada di lingkungan masyarakat yang kumuh, kini disulap menjadi lingkungan yang asri. Selin itu, dibangun beberapa fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) sebagai sarana penunjang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Ir. Erwin Rinaldi, M.Sc menjelaskan, beberapa upaya telah dilakukan Pemkab. Bandung untuk mewujudkan perbaikan kualitas hidup masyarakat miskin. Diantaranya melalui penataan permukiman yang teratur, aman dan sehat, atau yang disebut program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK).

“Salah satunya adalah Kampung Wangun Desa Pasirmulya, Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, yang memiliki 4 Dusun, 15 RW dan 69 RT. Dari luas wilayah + 243,1 Ha, lokasi kawasan prioritas PLPBK adalah di Kp. Wangun RW 07. Sebelum dibenahi kondisi rumah tidak layak huni, dan tidak memiliki MCK. Sekarang masyarakat sudah merasa nyaman,” kata Erwin, Jumat  (9/2/2018).
 
Selain pembangunan rumah dan MCK lanjutnya, juga membanguan fasilitas umum seperti jalan rabat beton, pipanisasi air bersih, sistem drainase, dan pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT). Untuk fasilitas sosial, diantaranya pembangunan mushola, sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu juga lapangan olah raga.

“Jadi secara teknis program PLPBK ini, Disperkimtan sudah membangun sebanyak 31 rumah sehat, 3 unit MCK, 479 M3 jalan rabat beton, drainase dengan pas batu sepanjang 532 M3 dan drainase gravel 463 M3, TPT sepanjang 8997 M3 dan SPAL 170 M3,”punkasnya. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet