Pejabat Pemkot Bandung Diminta Responsif Pada Kondisi Masyarakat

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna meminta semua pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung aktif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Para pejabat harus mengetahui kondisi kekinian yang terjadi di masyarakat.

“Setiap pejabat dalam level apapun harus aktif berkomunikasi dan aktif memberikan informasi bagi masyarakat Kota Bandung. Karena masyarakat akan selalu menunggu kebijakan-kebijakan yang disampaikan oleh Pemkot Bandung,” kata Ema saat acara serah terima jabatan dengan pejabat lama di Auditorium Balai Kota Bandung, Kamis 30 Juli 2020., Kamis 30 Juli 2020.

Menurutnya, pejabat Pemkot Bandung harus kreatif dan berinovasi. Karena mereka dipandang memiliki kapasitas untuk memberikan sumbangsihnya membangun Kota Bandung khususnya pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Pejabat jangan memberikan retorika-retorika. Pelajari dan beradaptasi dengan tugas baru yang diamanahkan,” jelasnya. 

Ema meminta pejabat di Pemkot Bandung untuk dapat memupuk dirinya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diemban.

“Kewajiban pemerintah yaitu melindungi segenap masyarakat Kota Bandung. Maka dari itu tanamkan dalam diri bahwa kita ini mempunyai tanggung jawab dan posisi sangat strategis supaya ada rasa motivasi dalam diri saat melaksanakan tugas,” imbuhnya. 

Pada acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra yang telah dilantik Asep Saeful Gufron dan 3 Pejabat lainnya di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bandung melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dengan pejabat lama.

Asep Saeful Gufron sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Perekonomian menerima Sertijab dari Kamalia Purbani yang merupakan Pelaksana tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra. 

Sementara itu tiga pejabat lainnya yang melakukan Sertijab yaitu Medi Mahendra sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan , R. Budhi Rukmana (Kepala Bagian Perekonomian) dan Hendrawan Setia wiwaha (Kepala Bagian Pemerintahan).

 

60 TAHUN SISTER CITY, BAKAL HADIR POJOK BANDUNG DI BRAUNSCHWEIG JERMAN

Pemerintah Kota Bandung bakal membuat Pojok Bandung di Kota Braunschweig Jerman. Hal itu dinilai mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Bandung di tingkat internasional.

Hal ini sesuai usulan Konjen RI untuk Hamburg Jerman, Ardian Wicaksono saat berkonferensi video dengan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu, 29 Juli 2020.

Perlu diketahui, Kota Bandung dengan Braunschweig telah menjadi sister city. Hal itu telah terjalin selama 60 tahun.

“Sangat menarik kita bisa menampilkan produk-produk unggulan UMKM Kota Bandung,” kata Yana di Bandung Command Center.

Untuk itu, Yana menginstruksikan perangkat daerah mengidentifikasi program-program prioritas.

“Sudah ada arahan secara tertulis dari Pak Sekda melalui surat edaran kepada perangkat daerah mengenai kebutuhan kerja sama dengan memanfaatkan kerja sama sister city ini,” tuturnya.

Yana mengharapkan kerja sama ini dapat segera terlaksana dan saling menguntungkan bagi para pihak.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa susun rencana dan implementasinya sehingga dapat segera kita realisasikan,” ujarnya

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk Hamburg, Ardian Wicaksono menilai kerja sama antara Kota Bandung dengan Kota Braunschweig sangat baik.

“Mudah-mudahan pada masa pandemi Covid-19 ini ada kesempatan dan peluang baru untuk kerja sama baru,” katanya yang satu baru sebulan menjabat Konjen RI untuk Hamburg.

Bertepatan dengan peringatan kota sister city ke-60 tahun, Ardian mengatakan siap membantu dalam memfasilitasi kerja sama Kota Bandung dengan Braunschweig.

“Akan coba kami bantu untuk proses kerja samanya. Idenya sangat menarik akan kami koordinasikan ke Pemkot Braunschweig,” ungkapnya

Sebelumnya Pemkot Bandung dan KotaBraunchweig berencana memperingati hubungan sister city kedua kota yang ke-60 pada bulan Juni 2020, rencana tersebut ditunda menjadi tahun 2021 dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. 

“Rencana akan ada peresmian jembatan dengan nama Kota Bandung di Braunschweig,” tuturnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet