Pasangan Cawapres, Jokowi dan Prabowo Cermin Kemerdekaan Aspirasi Masyarakat Kecil

  • 89 views
  • 0 comments

SULTENG -  Setelah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal capres dan cawapres periode 2019-2024, pasangan Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin bersama rivalnya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, menjadi bahan pembicaraan hangat diberbagai komunitas.

Dari pengamat politik hingga komunitas warung kopi muncul berbagai analisa, terkait nama Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno yang terpilih dimenit terakhir sebagai cawapres yang bersanding dengan kedua capres yakni, Jokowi dan Prabowo.

Namun demikian terpilihnya dua nama itu dinilai sebagai cermin kemerdekaan aspirasi masyarakat kecil yang mematahkan berbagai spekulasi analisa politik.

Pada Jumat (10/08/2018), pukul 10.00 WIB, dihari akhir pendaftaran, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi mendaftar sebagai bakal capres dan cawapres pilpres 2019 di Komisi Pemilihan Umum, Jakarta.

Joko Widodo tampil beda dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang yang bertulisan 'Bersih, Merakyat, Kerja Nyata.' Dan Ma'ruf Amin mengenakan jas putih, sorban dan sarung dengan memakai pin yang bergambar dan bertulisan yang sama dengan baju yang dipakai Jokowi. 

Jumat siang itu, secara simbolis menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran kepada petugas di ruangan utama kantor KPU. Sebelumnya, prediksi pengamat dari berbagai komunitas memperkirakan inisial 'M' yang disebut sebut bakal mendampingi Jokowi adalah dua nama yakni Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar. Namun perkiraan itu meleset. Begitupun dengan perkiraan pasangan yang akan bersanding dengan Prabowo yakni, Salim Sagaf Aljufri. 

Nama Salim Sagaf Aljufri dan Ust Abdul Somad, sempat mencuat dan santer dibicarakan diberbagai komunitas pengamat politik. Keduanya, diprediksi bakal menjadi cawapres Prabowo yang diperkuat dari hasil Ijtima Ulama, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF-U). Yang akhirnya mengerucut dan merekomendasikan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri.

Namun, hingga menjelang akhir pendaftaran, justru nama Sandiaga Uno terpilih dan disepakati koalisi partai pendukung untuk mendampingi Prabowo sebagai capres dan cawapres 2019. 

Dengan iring-iringan pendukung dan partai pengusung,  Prabowo tampak mengenakan kemeja putih dengan peci hitam, sementara Sandiaga Uno, menggunakan kemeja biru dengan peci hitam, bersama rombongan partai pengusung resmi mendaftar sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dihadapan para komisioner KPU, 

Prabowo dan Sandiaga menyerahkan dokumen secara simbolis kepada Ketua KPU Arief Budiman. (RANUR)

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet