Para Paslon Gubernur Akan Unjuk Gigi Adu Visi dan Missi

  • 141 views
  • 0 comments

BANDUNG--- Dalam debat terbuka yang akan dilaksanakan nanti malam (Senin (12/3/2018) di Sabuga, Kota Bandung, dan disiarkan langsung oleh stasiun TV nasional mulai pukul 19.30 WIB. 4 paslon Calon Gubernur (Cagub) Jabar akan saling unjuk gigi dan tebar pesona memaparkan visi dan missi maing-masing sehingga mampu menarik perhatian masyarakat Jawa Barat untuk memilihnya. Debat publik pertama ini akan dimoderatori oleh Pimred Kompas TV Rosiana Silalahi dan akan disiarkan langsung secara nasional.

Calon gubernur Ridwan Kamil, menganggap ajang debat terbuka sebagai sarana yang positif. Warga bisa mengetahui secara langsung visi misinya bersama Calon Wakil Gubernur no urut 1 yang berpasangan dengan (Cawagub) Uu Ruzhanul Ulum di Pilgub Jabar 2018.

"Semua pasti akan mengedepankan hal positif. Kami sudah belajar dan latihan mengantisipasi pertanyaan. Apalagi daftar pertanyaan ini disusun oleh 18 guru besar, jadi seperti ujian," ujar Emil itu saat ditemui di Posko Rindu Jabar Juara, Kota Bandung.

Selain belajar, Emil juga mengaku sudah membekali dirinya lahir dan batin dengan memperbanyak ibadah, sehingga tidak ada keraguan lagi baginya dalam menghadapi debat terbuka ini.

"Lahir batin saya sudah siap. Mudah-mudahan nanti malam bisa jadi faktor menguatkan bagi warga Jabar untuk memilih pasangan Rindu," ucapnya.

Sementara itu, pasangan calon no urut 2, TB Hasanuddin - Anton Charliyan menyatakan, pihaknya akan menyampaikan visi dan misinya dalam debat publik, nanti malam. Keduanya akan mengusung program Nawacita Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, pembangunan di Jabar tentu tidak lepas dari pembangunan nasional. Sehingga, sambung dia, apa yang menjadi program prioritas pemerintah pusat, akan diterapkan di Jabar.

"Sesuai dengan Undang-undang No 23 Tahun 2014, bahwa pembangunan di Jabar dan daerah lainnya tidak lepas dari pembangunan nasional. Baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan," kata TB saat dihubungi, Minggu (11/3/2018).

Pasangan yang diusung PDIP ini mengaku, akan mengedepankan program Nawacita seperti meningkatkan kualitas hidup rakyat, kehadiran negara di tengah persoalan rakyat hingga menyoroti persoalan kehidupan Bhineka Tunggal Ika.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat no urut 3, Sudrajat mengaku, mengahadapi debat kandidat nanti malam (senin-red)  tak memiliki persiapan khusus. Ia dan pasangannya Ahmad Syaikhu hanya mempersiapkan fisik dan mental.

"Yang jelas kita tidak melakukan persiapan husus, hanya mennjaga kesehatan saja, supaya pada saat waktunya saya sehat," ujar Sudrajat dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (12/3/2018).

Namun begitu, Sudrajat menuturkan setiap pasangan calon (paslon) kepala daerah tentu perlu memahami permasalahan yang ada di Jabar. Sehingga, Paslon Asyik (Ajat-Syaikhu) juga mengaku telah mempersiapkan penjelasan terkait permasalahan di Jabar dari mulai pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik hingga permasalahan lain.

Sedangkan Calon Gubernur Jabar no urut bontot alias no 4, Deddy Mizwar mengaku siap tampil maksimal pada debat pertama cagub-cawagub Jabar, nanti malam. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan, salah satunya mempertajam visi misi pasangan nomor urut 4 ini.

Deddy mengaku bersama pasangannya Dedi Mulyadi sudah mempersiapkan visi misi yang akan disampaikan nanti malam.

"Persiapan hanya penajaman visi misi saja, terutama terkait tema yang sudah disiapkan KPU," kata Deddy dalam siaran, Senin (12/3/2018).

Dia merasa yakin dengan pengalamannya saat mendapingi Ahmad Heryawan pada Pilgub Jabar 2013 lalu, dirinya bisa tampil maksimal dalam debat nanti. "Intinya kami sudah siap lahir dan batin. Apalagi saya punya pengalaman sebelumnya saat mendampingi Pak Aher, di Pilkada 2013 lalu,”ujarnya dengan yakin.

Sebelumnya, Komisioner KUPD Jabar Nina Yuningsih menuturkan, dalam pelaksanaan debat terbuka paslon gubernur dan wakil gubernur Jabar 2018 ini, para paslon pada segmen pertama akan diberikan waktu memaparkan visi dan misinya kepada publik. Segmen kedua, moderator akan melempar pertanyaan kepada masing-masing paslon.

"Segmen kedua, para paslon akan secara bergantian menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh moderator," jelas Nina. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet