Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

  • 14 views
  • 0 comments

KARANGANYAR, Ekpos.Com--- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., melaksanakan ziarah ke Makam Presiden RI ke-2 Jenderal Besar H.M. Soeharto di Astana Giribangun, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (20/9/2018). 

Turut serta mendampingi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan pada kegiatan ziarah, yaitu Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono, Ketua Umum Jalasenastri Ibu Manik Siwi Sukma Adji dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ibu Ayu Yuyu Sutisna.

 

Di hadapan awak wartawan, Panglima TNI mengatakan bahwa pelaksanaan ziarah ke tokoh-tokoh nasional merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI. 

 

“Untuk HUT ke-73 TNI,  kita sudah melaksanakan ziarah ke Makam Proklamator RI Ir. Soekarno di Blitar dan ke Makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur,” ungkapnya.

 

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tradisi ziarah ke beberapa makam pendiri bangsa dan para pahlawan seperti ini harus dipertahankan untuk mengingatkan seluruh generasi penerus. Dalam hal ini bukan hanya TNI tetapi seluruh anak bangsa bahwa generasi muda khususnya generasi millennial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

 

“Hari ini kita juga melaksanakan ziarah ke Makam Presiden RI ke-2 Jenderal Besar H.M. Soeharto di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, dan akan ziarah ke Makam Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman di TMPN Kusumanegara Semaki Daerah Istimewa Yogyakarta serta meninjau Museum Sasmitaloka Pangsar Jenderal Soedirman, Jl. Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta,” ujarnya.

 

Panglima TNI menyampaikan bahwa Pak Soeharto adalah tokoh pembangunan dan tokoh besar yang mendapat gelar Jenderal Besar.  Menurutnya, Pak Soeharto sudah menanamkan fondasi nilai-nilai yang luhur untuk kemajuan ABRI (sekarang TNI) dan banyak dirasakan oleh seluruh prajurit TNI yang saat ini sedang bertugas.  

 

“Untuk itu, TNI tetap melanjutkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan oleh Jenderal Besar H.M Soeharto. Kita selalu memberikan pengarahan kemudian wejangan kepada seluruh prajurit untuk tetap kepada satu tujuan apa yang sudah dan telah ditanamkan oleh para pendahulu kita. Itu sesuai dengan doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan napas dari prajurit TNI. Apabila kita terus mempertahankan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, maka apa yang diharapkan oleh rakyat sesuai dengan keinginan, itu bisa tercapai,” katanya. (Puspen TNI) 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet