Panen Padi Perdana Varietas Mekongga di Tobelo Selatan Sukses

  • 0 comments

TOBELO, Ekpos.Com---Kodim 1508/Tobelo bersama Dinas Pertanian Kab. Halut melaksanakan acara panen perdana pertanian padi varietas Mekongga, dilahan pertanian yang dikelola oleh kelompok tani Desa Paca Kec. Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Selatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Halut yang diwakili Asisten I, Drs. Erasmus J. Papilaya MTp, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel S.Sos, Kadis Pertanian Prov. Malut, Para pimpinan SKPD Pemkab. Halut, Balitbang Provinsi, Pimpinan BPKP Provinsi, Plh. Danramil 1508-01/Tobelo Kapten Arh Mohamad Ali, Camat Tobelo Selatan, Kades, Penyuluh lapangan dan kelompok tani Varietas Mekongga.

Kegiatan panen perdana tersebut ditandai dengan pemotongan pokok padi oleh para undangan yang hadir.

Bupati Halut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Halut, Drs. Erasmus J. Papilaya MTp mengatakan,  Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara mengapresiasi Kodim 1508/Tobelo, Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Desa Paca yang telah berhasil menggarap lahan ini menjadi persawahan dan hingga saat ini dapat melaksanakan panen perdana.

“Hal ini dapat menjadi indicator positif, bahwa daerah kita memiliki lahan subur yang cocok untuk pertanian khususnya padi. Selain itu juga, dengan berkembangnya potensi pertanian akan menopang perekonomian masyarakat maupun daerah agar semakin maju dan berkembang,”katanya.

Senada dengan hal tersebut Kadis Pertanian Pemkab Halut, juga berterimakasih kepada Kodim dan Petani yang telah bersinergi sehingga program ini berhasil.

“Program ini akan kita lanjutkan kedepan, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Kementrian Pertanian,”ujarnya.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1508/Tobelo, Letkol Kav Tri Sugiarto menyampaikan, bahwa lokasi panen perdana ini merupakan lahan hasil cetak sawah 2018 seluas 130 Ha dan hasilnya tanpa harus menunggu lama.

“Setelah selesai dikerjakan, langsung kita Tanami hingga akhirnya hari ini kita dapat melaksanakan panen perdana. Kedepan kami telah mengistruksikan kepada Para Babinsa, untuk tetap mendampingi para kelompok tani dalam menggarap lahan tersebut. Sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”paparnya. (WYU-1508)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet