Nina: Balon Anggota DPD Harus Memahami Aturan Persyaratan

  • 40 views
  • 0 comments

BANDUNG--Bakal calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI diharapkan lebih memahami berbagai peraturan terkait persyaratan, tahapan penyerahan dukungan, serta penelitian dan verifikasi, termasuk aplikasi Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP). Untuk itu, KPU mengimbau agar DPD proaktif dan selalu berkomunikasi dengan KPU Jabar.

“bakal calon (balon) anggota DPD harus menyerahkan berkas dukungan pada 22 hingga 26 April mendatang. Berkas dukungan itu minimal 5.000 fotocopy KTP elektronik yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat," ujar Komisioner KPU Jabar Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Nina Yuningsih saat membuka acara Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Calon Anggota DPD dan Bimbingan Teknis  SIPPP Tahun 2019 di Aula Setia Permana Jl. Garut No. 11 Bandung, Jumat (6/4).

Nina tak menyangka kalau kehadiran balon anggota DPD lebih banyak dari perkiraanya. Perkiraannya yang akan datang tidak lebih dari 60 orang.

"Semoga para balon dapat memanfaatkan momentum ini untuk meraih simpati 31,7 juta pemilih," ungkapnya.

Sementara Komisioner Divisi Hukum, Agus Rustandi disaat yang sama mengingatkan balon anggota DPD dapat memahami persyaratan calon dan syarat dukungan.

"Syarat administratif calon harus berusia 21 tahun atau lebih, pendidikan minimal SLTA, serta sehat jasmani dan rohani. Sedangkan untuk syarat dukungan, minimal lima ribu KTP," ujarnya serya mengingatkan agar balon menghindari data palsu atau dukungan ganda.

"Yang terbukti mempunyai dukugan ganda akan dikenai penalti, pengurangan 50 dukungan dikali jumlah dukungan yang digandakan," pungkasnya. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet