MoU Untuk Menciptakan Rasa Aman Dan Nyaman Bagi Pengguna Laut

  • 233 views
  • 0 comments

Tarakan, Ekpos.com

Bakamla RI dan Pemerintah Kota Tarakan menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Peningkatan Keamanan dan Keselamatan Laut, di Kantor Walikota Tarakan, Jalan Kalimantan No. 1, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (12/12/2017). 

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI Brigjen Pol Drs. Bastomy Sanap, S.H., M.B.A., M.Hum. dan Walikota Tarakan Ir. Sofian Raga, M.Si., dengan disaksikan Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma TNI Suradi, A.S., S,T., S.Sos., M.M. 

Kesepakatan bersama ini telah dimatangkan sehari sebelumnya, Senin (11/12) melalui rapat pembahasan finalisasi MoU (Memorandum of Understanding) oleh tim Direktorat Kerja Sama Dalam Negeri Bakamla RI di Ruang Rapat asisten I Bidang Pemerintahan, Kantor Walikota Tarakan. Kesepakatan tersebut antara lain mencakup ruang lingkup pembentukan forum komunikasi kamkesla, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan kamkesla, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka peningkatan kamkesla, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kamkesla. 

Berdasarkan keterangan Brigjen Pol Bastomy dalam sambutannya, pelaksanaan kesepakatan bersama antara kedua pihak bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna laut khususnya di wilayah Kota Tarakan, dimana Tarakan merupakan salah satu wilayah perbatasan terluar yang dimiliki Indonesia dan menjadi incaran negara-negara asing. 

Menurutnya, ke depan ada beberapa kegiatan Bakamla RI yang akan dilaksanakan di Tarakan, diantaranya pembentukan forum komunikasi kamkesla, rencana pembentukan desa maritim, dan kegiatan-kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat nelayan. Dengan demikian dibutuhkan keterlibatan pemerintah daerah demi terlaksananya kegiatan tersebut, tutupnya. 

Penandatanganan MoU dihadiri pula oleh perwakilan Kejari Tarakan, Polres Tarakan, Lantamal XIII, PSDKP Tarakan, Binda Kaltara, Danlanud Tarakan, BKPP, KSOP, Bea Cukai serta perwakilan instansi terkait setempat lainnya. (MR)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet