Merebaknya Kasus DBD Dorong Warga Kircon Deklarasikan Jumantik

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Semakin merebaknya kasus demam berdarah deague (DBD), mendorong warga warga Kecamatan Kiaracondong mendeklarasikan satu rumah, satu juru pemantau jentik  ( jumantik) di kantor Kecamatan Kiaracondong, Jumat (7/3/2019).

Deklarasi satu rumah satu Jumantik tersebut dipimpin langsung Wali Kota Bandung Oded M Danial, Ketua Tim Forum Bandung Sehat Siti Muntamah.

Menurut Camat Kiaracondong Tarya, mewabahnya kasus DBD membuat warga merasa resah dan banyak permintaan fogging, karena warga menilai dengan fogging masalah DBD selesai.

" Selama tahun 2019, di wilayahnya terjadi 73 kasus DBD. Dari 73 ini, dua anak di antaranya meningal dunia. Untuk itu banyak permintaan agar dilakukan foging.  Padahal dengan menjaga kebersihan lingkungan dan setiap rumah ada petugas Jumantik, DBD bisa dicegah," ujar Tarya.

Tugas dari Jumantik itu, adalah memastikan di rumahnya sudah bebas dari jentik nyamuk. Dengan cara, rajin menguras tempat penampungan air dan menaburkan bubuk abate setidaknya seminggu sekali.

"Warga yang ingin mendapatkan bubuk abate, silakan datang langsung ke Puskesmas, gratis berapa pun kebutuhannya. Jadi kalau ada yang menjual ke rumah-rumah, tolak saja dan warga bisa melaporkan ke kelurahan atau kecamatan," ujar Tarya.

Sedangkan terkait prosedur permintaan foging Tarya mengatakan, harus ada keterangan dari rumah sakit, bahwa di wilayahnya sudah ada orang yang terkena DBD. Lalu buat surat permohonan kepada Puskesmas.

"Nanti, akan dilakukan fogging dengan radius 100 meter dari rumah warga yang terjangkit," tuturnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut baik deklarasi yang dilakukan warga Kiaracondong. Ia pun mengangkat kedua jempol tangannya atas kesadaran warga untuk ikut berperan serta mencegah semakin merebaknya DBD di wilayahnya.

"Sekarang ini banyak kasus pasien yang kena DBD. Karenanya kalau ada masyarakat punya kesadaran seperti ini, mang Oded sangat menghargai," terang Oded seraya menambahkan ia pun sangat mengapresiasi, karena anggota warga Kiaracondong kompak berkolaborasi dengan semua ldalam segala program.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet