Menteri PUPR: Pembangunan Tol Bandung Banjar Memasuki Tahap Penlok

  • 438 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, mengatakan rencana pembangunan jalan tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar, memasuki tahapan penentuan lokasi (penlok). Untuk kemudian akan diajukan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Diharapkan, lelang proyek pembangunan jalan tol tersebut dilakukan pada 2019.

"Suah memasuki tahap penentuan lokasi dan akan ditenderkan di tahun 2019 ini. Penloknya nanti kami ajukan kepada Pak Gubernur," kata Basuki saat ditemui setelah Upacara Hari Bakti PU di halaman Gedung Sate, Senin (3/12/2018).

Ikatakan Basuki, untuk masalah pendanaan, pembangunan jalan tol di Pulau Jawa, termasuk Bandung-Banjar ini, berupa investasi karena perkembangan ekonomi di Pulau Jawa ini sudah berkembang pesat.

"Untuk jalan tol di Jawa ini kebanyakan investasi, karena kan Jawa ini sudah berkembang," kata Basuki.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, berharap di ulang tahun PUPR ke-73 ini, akan semakin banyak proyek pembangunan nasional yang dikerjakan di Jawa Barat. Engan begitu, masayarakat Jawa Barat akan merasakan dampak pembangunan nasional.

"Apalagi Pak Jokowi bilang kepada kami, akan memprioritaskan Jabar untuk tahun yang akan datang," kata Uu.

Mengenai jalan tol penghubung Bandung, Tasikmalaya, sampai Banjar, tersebut, Uu mengatakan jika akan dilelangkan pada awal 2019, maka diharapkan proses pembangunannya bisa cepat dan tidak ditunda-tunda lagi. Menurutnya, arus lalu lintas di jalan utama Bandung-Tasikmalaya-Banjar, sudah sangat padat, sehingga membutuhkan solusi untuk mempercepat arus lalu lintasnya.

Jalur tersebut pun, katanya, sangat penting untuk mendistribusikan logistik seperti bahan pangan dari kawasan Priangan Timur ke Bandung atau Jakarta.

“Jika ada jalan tol, jalur distribusi akan jauh lebih cepat dan menekan angka inflasi,”ujarnya.

Jalan tol ini rencananya akan dibangun dengan jalur Gedebage, Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, bahkan akan ditembuskan sampai Cilacap di Jawa Tengah.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet