Menteri PPA Apresiasi Program Sekoper Cinta Pemprov Jabar

  • 18 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembesi, memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota karena upayanya menciptakan kabupaten/kota layak anak, di Sabuga ITB, Bandung, Minggu (16/12/2018).

Penghargaan diberikan dalam beberapa kategori secara simbolis, berupa piagam penghargaan kepada perwakilan pemerintah kabupaten/kota yang hadir pada acara tersebut.

Yohana mengapresiasi kabupaten/kota yang menerima penghargaan tersebut.

“Banyak penghargaan yang kami berikan kepada bupati dan wali kota di daerah yang menjalankan komitmen mereka untuk memperhatikan pemenuhan hak-hak anak di Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan ada 24 indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi kabupate/kota layak anak.

Beberapa di antaranya, adalah hak sipil anak, semisal akta kelahiran, akses terhadap pendidikan dan kesehatan. Kabupaten/kota juga harus fasilitas untuk anak, semisal ruang ramah anak, ruang bermain bagi anak, taman bermain, dan ruang kreativitas anak. Selain itu, kabupaten kota juga harus memastikan tidak ada anak tidak mendapat akses pendidikan atau sekolah.

“Saat ini, kata Yohana, baru ada 389 kabupaten/kota yang mendapat predikat ‘Kota Layak Anak’. Ke depan semua kabupaten/kota di Indonesia akan menjadi kabupaten/kota layak anak. Kami mengucapakan terima kasih pada daerah tersebut (penerima penghargaan), bersama kami pemerintah pusat untuk dapat mewujudkan Indonesia layak anak, targetnya 2030,” ujarnya.

Berikut kabupaten/kota yang menerima penghargaan dari Kementerian PPPA.

1. Kategori Persentase Kota Layak Anak Terbaik: Kota Malang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Jembrana

2. Kategori Inovasi ramah anak: Kabupaten Deli Serdang

3. Kategori Sertifikasi ruang ramah anak: Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kota Kudus dan Kabupaten Bukittinggi

4. Kategori Pelopor Pusat Pembelajaran Keluarga: Kota Magelang, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta


5. Kategori Kampung Anak Sejahtera: Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Pandeglang.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet