Mempersatukan Kebudayaan Masyarakat Lewat Gelaran Kawin Cai

  • 0 comments

CIMAHI, Ekpos.Com---Kabuyutan Cipageran bersama Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, akan kembali menggelar Tradisi Kawin Cai se-nusantara di Kabuci, Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Minggu (24/2/2019).

Tujuan adanya tradisi kawin cai ini, untuk mempersatukan kebudayaan masyarakat yang ada di Nusantara melalui air kahuripan dari berbagai daerah. Bahkan berdasarkan informasi yang dihimpun, tradisi kawin cai ini pernah digelar semasa Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno pada tahun 1955 atau tepatnya saat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika.

Berbagai persiapan untuk gelaran tradisi yang ke empat kalinya tersebut telah dilakukan, termasuk mengundang Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Nampak spanduk kehadiran Presiden RI tersebut sudah terpampang di sejumlah titik Kota Cimahi.

Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja, mengatakan, kegitan tradisi ini sudah ada sebanyak 135 sumber air dari seluruh Indonesia. Selanjutnya air akan dipersatukan dalam acara tersebut.

"Nantinya sumber air se-nusantara itu akan dikumpulkan, kemudian dikawinkan dengan cara dimasukan ke dalam sumur Kahuprian Cipageran," ujarnya usai rapat koordinasi kegiatan tradisi Kawin Cai se-Nusantara di Kantor Pemkot Cimahi, Kamis (22/2/2019).

Disinggung terkait kehadiran Joko Widodo, pihaknya tidak bisa memastikan, namun menurutnya pihak panitia sudah melakukan komunikasi dengan Sekretariat Negara.

"Sudah ada (komunikasi) tapi tak bisa menjanjikan, karena agenda pak Jokowi sudah banyak," katanya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet