Membuang Sampah Sembarangan Warga Kab. Bandung Terancam Dikurung

  • 15 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Warga Kabupaten Bandung yang tertangkap basah membuang sampah tidak pada tempat semestinya terancam kurungan pidana dan denda puluhan juta rupiah. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bandung nomor 1 tahun 2009.

Dalam Perda tersebut dijelaskan, bila masyarakat tidak memenuhi kewajibannya dan melakukan pembuangan sampah di tempat tidak semestinya, terancam kurungan penjara selama enam bulan dan denda Rp 50 juta. Perda tersebut pun juga diperkuat Undang - undang nomor 18 pasal 12 tentang setiap orang wajib mengurangi dan menangani sampah rumah tangga secara berwawasan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, mengatakan, setiap harinya di Kabupaten Bandung, menghasilkan 440 ton sampah yang  sebagian besar merupakan sampah rumah tangga.

"Sampah meruapakan permasalahan serius. Maka dari itu kami mengedukasi masyarakat untuk mampu menanganinya di rumah," kata Asep, Kamis (13/9/2018).

Asep meminta untuk penanganan sampah ini, semua warga wajib membuat dua lubang biopori (cerdas organik) untuk sampah organik, nantinya sampah tersebut dimasukan ke lubang biopori. Sedangkan, untuk sampah anorganik bisa disumbangkan kepada pemulung ataupun dijual.

"Nantinya, tidak akan berbicara tidak adanya TPS dan tempat penampungan, semua bisa diolah di rumah," katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet