Masyarakat Jabar Bisa Adukan Langsung Pungli Lewat Siberli

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Guna meningkatkan kualitas integritas, pelayanan masyarakat, dan profesionalisme, Pemerintah Provinsi Jawa Barat luncurkan sistem Informasi Sapu Bersih Pungutan Liar ( Siberli). Dengan sistem ini, warga Jabar dapat melaporkan berbagai temuan dugaan pungutan liar melalui website www.siberli.jabarprov.go.id

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Siberli ini dapat memudahkan warga, melaporkan pungutan liar sekaligus menghilangkan pungutan liar di Pemprov Jabar.

"Semoga ke depan tidak ada keraguan lagi. Tidak ada pungli di Disdukcapil, perizinan maupun persoalan sekolah. Semua menggunakan akses ini untuk melaporkan pungli," katanya di sela-sela peluncuran system Siberli , di halaman Gedung Sate, Jumat (5/7/2019).

Dikatakan Emil, jika sistem ini dapat berjalan baik dapat memisahkan antara laporan palsu dengan laporan sebenarnya. Untuk kemudian langsung diverifikasi dan tindak lanjut oleh tim.

"Jangan sampai yang melapor banyak, tapi numpuk. Jika dikombinasikan antara system dengan kedisiplinan tim, tidak ada lagi pungli di Jawa Barat," kata Emil.

Selain system Siberli ada juga program lain, Pemprov Jabar memberlakukan e-budgeting. Dengan sistem ini, program yang tidak nyambung dengan penganggaran dan mark up anggaran bisa langsung dideteksi.

Ketua Pelaksana Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Jawa Barat, Kombes Pol Suradiana, mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya Siberli. Ia berharap system ini dapat meningkatkan kinerja timnya yang saat ini masuk peringkat ketiga di Indonesia.

"Sistem ini, dapat menjadi sarana komunikasi masyarakat dengan tim, terkait terjadinya pungli di masyarakat. Inilah yang menjadi pertimbangan kami mendukung program Pemprov Jabar membangun zona integritas," katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet