Lingkar Sastra ITB Selenggarakan Lomba Menulis Cerpen dan Puisi

  • 50 views
  • 0 comments

BANDUNG,Ekpos.Com--- Lingkar Sastra ITB sebagai bagian dari Metaforia 2018, selenggarakan Lomba Menulis Cerpen dan Puisi untuk umum tahunan di Institut Teknologi Bandung. Pengiriman naskah dimulai dari 7 juli 2018 dan ditutup pada 10 agustus 2018. Penguman hasil lomba akan diumumkan pada 1 september 2018 dengan hadiah total 5 juta rupiah

"Kami percaya bahwa sastra adalah milik masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk kemaslahatan masyarakat. Oleh karena itu, kami menyiadakan medium agar masyarakat umum dapat menorehkan tintanya dan menyusun kata-kata dalam balutan keindahan sastra." Fabi Penyelenggara Metaforia 2018, Minggu (29/7/2018).

Menurut Fabi, pihaknya ingin memmperkenalkan sastra di kalangan muda, UKM Lingkar Sastra ITB menyelenggarakan  Metaforia 2018 dengan mengambil tema yang jarang dimunculkan, yaitu PARADOKS “Paradoks: Merangkai kebenaran dalam keruntuhan realita."

“Hal-hal yang irasional dan kontradiktif sering menghantui kehidupan kita. Tidak hanya itu, dalam skala yang lebih besar seperti masyarakat dan negara, hal tersebut masih bercokol dengan kuat,”ujarnya.

Fabi mengungkapkan, saat ini, kebenaran semakin sulit untuk dikuak. Kebenaran semakin dianggap remeh. Kebenaran semakin dibuang dalam kubangan sampah oleh karena itu, upaya manusia adalah untuk merangkai kebenaran dalam keruntuhan realita.

"Karena akhir-akhir ini banyak sekali hal-hal yang bersifat kontradiksi, baik pada ranah politik, sosial, dan budaya. Contohnya saja seperti berita hoax yang kontradiksi dengan realita sesungguhnya, tetapi tetap saja banyak orang yang percaya."tegasnya.

Dengan mengangkat tema Paradoks ini Faby berharap, dapat meningkatkan awareness anak muda di zaman sekarang.

"Kita prihatin dengan keadaan generasi sekarang yang tingkat literasinya rendah... Padahal literasi (baca-tulis) itu sangat penting bagi kemajuan bangsa" sambungnya.

Lomba ini memiliki 2 kategori yaitu cerpen dan puisi, setiap peserta yang ingin mengikuti lomba wajib membayar registrasi sebesar Rp. 35.000 untuk kategori cerpen, dan Rp. 30.000 untuk kategori puisi. 

“Peserta bisa mengirim naskah lebih dari 1, pengiriman naskah dimulai dari 7 juli 2018 dan ditutup pada 10 agustus 2018. Penguman hasil lomba akan diumumkan pada 1 september 2018 dengan hadiah total 5 juta rupiah,”katanya. (Gita)

informasi lebih lanjut :

WhatsApp : 087719185107

LINE : fabifuu

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet