Lima Institusi Penegak Hukum Kota Bandung Tandatangani MoU

  • 0 comments

BANDUNG Ekpos.Com---Lima institusi penegak hukum yang tergabung dalam integrated criminal justice system (ICJS) lakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) di Pengadilan Negeri Bandu‎ng, Rabu (12/6/2019).

 

Kelima institusi penegak hukum tersebut adalah, Pengadilan Negeri Bandung, Polrestabes Bandung, Kejari Bandung, Rutan, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara.

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Bandung Edison Muhammad, MoU tersebut sebagai tindaklanjut surat edaran dari Menkopolhukam terkait penanganan perkara, sekaligus penguatan kordinasi antar penegak hukum dalam pelayanan publik di bidang hukum.

"‎Kami dengan teman-teman penegakan hukum di Kota Bandung bikin kesepakatan ICJS. Ini kami lakukan supaya antar penegak hukum jadi satu kesatuan dalam penegakan hukum," ujar Edison.

Ketika disinggung terkait apa yang melatarbelakangi dilakukannya MoU, Edison mengatakan hal itu sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan mereka terhadap penanganan perkara yang selama ini dijalankan.

Misalnya saja, kordinasi penanganan perkara selama ini kerap berbentuk surat menyurat, diantar kurir dan diterima oleh penerima. Pola tersebut diakuinya membuat penanganan perkara jadi lama.

"‎Jadi hal-hal yang membuat lama, dengan MoU ini diharapkan bisa lebih cepat sehingga pelayanan penanganan perkara bisa lebih baik. Jadi enggak secara fisik (suratnya) diantar, bisa menggunakan sarana IT," ujar Edison.

‎Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema, menyambut baik langkah dari Pengadilan Negeri Bandung untuk memperbaiki kualitas penanganan perkara.

"Adanya MoU ini, tentu kami akan berupaya lebih cepat lagi dalam proses penanganan perkara, dan pelayanan hukum pada masyarakat,"jelas Irman.***

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet