KPU Kota Bandung Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara

  • 42 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara  pemilihan Gubernur, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung Tahun 2018 tingkat Kota Bandung, di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Kamis (5/7/2018).

Turut hadir dalam rapat pleno tersebut, para saksi dari setiap calon, Panwaslu Kota Bandung, PPK se- Kota Bandung, perwakilan masyarakat, dan instansi terkait, seperti Disdukcapil Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok mengatakan, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung Tahun 2018, dilakukan berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara yang telah diselenggarakan di tiap kecamatan di Kota Bandung oleh PPK.

"Perhitungan dimulai dari proses rekapitulasi suara Pilgub Jabar terlebih dahulu, baru Pilwakota Bandung," ujarnya.

Rifqi memaparkan, perhitungan suara dimulai dari membuka segel kotak suara dari kecamatan dengan awalan huruf A, seperti Andir, Antapani, Arcamanik dan diakhiri dengan kecamatan berawalan huruf U, seperti Ujung Berung.

Selanjutnya, pembukaan sampul yang tersegel dalam kotak suara oleh Ketua PPK dengan terlebih dahulu meneliti dan membaca dengan cermat, juga jelas dari hasil perolehan suara. Tahap selanjutnya, mencatat hasil rekapitulasi dan membuat berita acara, serta diakhiri dengan melakukan penandatanganan bersama.

"Para saksi dari setiap paslon dan Panwas Kota Bandung, dipersilakan memberikan tanggapan dari hasil proses rekapitulasi. Mereka dapat mengajukan keberatan, terhadap prosedur rekap dan atau selisih dengan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan untuk dilakukan perbaikan. Namun harus disertai data pendukung yang dimiliki oleh masing-masing pihak," ucapnya.

Menurutnya penetapan hasil rekap dapat dilakukan pada hari ini, atau selesainya gelaran rapat pleno. Namun untuk pengumuman  calon terpilih, akan dilakukan pada tiga hari kedepan menunggu ada atau tidak adanya sengketa keberatan paslon lain.

Komisioner KPU Kota Bandung, Suharti menyebutkan, setidaknya terdapat 13 poin aturan tata tertib dalam pelaksanaan rapat pleno yang harus diikuti para peserta rapat. Diantaranya, senantiasa mengikuti aturan, dilarang mengaktifkan gawai, selalu mengenakan tanda pengenal yang disediakan panitia, dan bagi yang melanggar dapat di beri teguran, bahkan dikeluarkan dari ruang berjalannya rapat.

"Kami berharap seluruh peserta bisa mematuhi seluruh aturan tata tertib. Sehingga rapat pleno perhitungan suara ini bisa berjalan lancar," katanya. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet